MOTIF MAHASISWA SURABAYA MENONTON TALK SHOW KICK ANDY DI METRO TV (Studi Deskriptif Tentang Motif Mahasiswa Surabaya Dalam Menonton Talk Show Kick Andy Di Metro TV).

DIAN, EKA HP (2010) MOTIF MAHASISWA SURABAYA MENONTON TALK SHOW KICK ANDY DI METRO TV (Studi Deskriptif Tentang Motif Mahasiswa Surabaya Dalam Menonton Talk Show Kick Andy Di Metro TV). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (120Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (277Kb)

      Abstract

      Media massa sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna meng up-date berbagai berita serta informasi yang ada baik berupa pengetahuan baru, berita terkini, menambah wawasan ataupun sekedar hiburan bagi khalayak. Media bisa berupa surat kabar, majalah, televisi, radio, dan film. Media massa menyajikan berbagai realitas kehidupan dalam bentuk informasi kepada masyarakat. Kick Andy merupakan talkshow yang banyak berisi tentang kejadian seputar tokoh, orang sukses atau masyarakat yang mempunyai pengalaman lebih atau menarik sehingga dapat dijadikan contoh hidup agar memotivasi masyarakat yang menontonnya untuk melihat kehidupan orang disekeliling mereka, lebih menghargai hidup dan waktu mereka. Bersifat humanis, edukatif, informative, realistis tentang beragam sendi kehidupan. Berkaitan dengan motif yang mendorong seseorang atau orang banyak untuk berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan kekurangan orang berbeda satu sama lainnya dari waktu ke waktu. Demikian pula motif seseorang terhadap pengaruh yang dihadapinya, motif sangat berguna bagi tindakan atau perbuatan seseorang, seperti motif kognitif, identitas personal, intergrasi dan interaksi sosial serta motif diversi. Sesuai pendekatan Uses and Gratification bahwa model ini tidak tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media pada diri orang, tetapi lebih tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media. Anggota khalayak dianggap secara aktif dalam menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Dari sini timbul Uses and Gratification, pengunaan dan pemenuhan kebutuhan. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berusia diatas 19-28 tahun tepatnya mahasiswa yang berada di Surabaya. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil penelitian untuk motif kognitif, mahasiswa dapat memperoleh informasi dan pengetahuan serta menambah wawasan mereka; sedangkan motif identitas personal, mahasiswa dapat mengambil pelajaran atau nilai-nilai positif dari narasumber yang dihadirkan; dan motif integrasi dan interaksi sosial, mahasiswa dapat saling bertukar informasi serta dapat menemukan bahan percakapan dan berinteraksi dengan orang lain, teman ataupun keluarga, mengetahui tentang keadaan orang lain dan bersikap empati. Untuk motif diversi, kebutuhan akan hiburan dapat terpenuhi setelah menonton talkshow Kick Andy di Metro TV. Dari data yang dianalisis disimpulkan bahwa motif mahasiswa Surabaya menonton talkshow Kick Andy di Metro TV adalah tinggi, hasil penelitian dari keempat motif hanya identitas personal yang berada pada kategori sedang dan yang lainnya berada pada kategori tinggi. Maka dapat diketahui mahasiswa Surabaya selalu antusias karena kebutuhan mereka dapat terpenuhi setelah menonton talkshow Kick Andy di Metro TV.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 10 Mar 2011 12:01
      Last Modified: 10 Mar 2011 12:01
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1009

      Actions (login required)

      View Item