PEMAKNAAN IKLAN OLI GLOBAL PETRO AMERICA ( Studi Semiotika tentang Pemaknaan Iklan Oli Global Petro America di Media Billboard)

ERWIN , WEBER SURYA DHARMA SIHOMBING (2010) PEMAKNAAN IKLAN OLI GLOBAL PETRO AMERICA ( Studi Semiotika tentang Pemaknaan Iklan Oli Global Petro America di Media Billboard). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (144Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (237Kb)

      Abstract

      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna yang dikomunikasikan iklan melalaui media cetak berupa poster yang berukuran besar dengan sebutan billboard. kedalam sistem komunikasi berupa ikon, indeks dan simbol. Penelitian ini menggunakan kedekatan teori periklanan, makna, penggambaran perempuan, tulisan dan tagline, warna dalam iklan, dan komunikasi sebagai suatu proses simbolik. Iklan Global Petro America tersebut akan diteliti dengan menggunakan pendekatan studi semiotik, yaitu teori semiotik menurut Charles S. Pierce. Berdasarkan teori semiotik Pierce maka iklan Global Petro America tersebut diteliti berdasarkan pengelompokan tanda Pierce. Teks yang dipaparkan oleh iklan Global Petro America menimbulkan maksud yang berbeda bagi konsumen dengan gambar iklan yang ada, Ikon (icon) yaitu suatu hubungan antara tanda dan objek yang bersifat kemiripan. Indeks (index) yaitu adanya suatu hubungan alamiah dengan antara tanda dan petanda yang terdapat hubungan sebab akibat. Simbol (symbol) yaitu merupakan tanda yang menunjukan hubungan alamiah antara penanda dengan petandanya. Berdasarkan pengamatan penulis terhadap iklan Global Petro America maka penulis memaknai ikon Global Petro America adalah gambar perempuan. Indeks dalam iklan tersebut adalah tulisan Mau Enteng .... ? Pake “ dan tagline Teks “ JELAS BEDANYA Dengan Metal Conditioner ”Sedangkan simbol adalah simbol Perempuan Dengan pose wajah menghadap kesamping, background warna Warna Orange Pada Background dan gambar tulisan SOLE DISTRIBUTOR OLI GLOBAL PETRO AMERICA, Yang berwarna hitam. JELAS BEDANYA Dengan Metal Conditioner ” dan terdapat pula Beberapa botol oli kendaraan bermotor dan terdapat gambar mobil sport car berwarna orange. Berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian pada iklan Global Petro America, maka dapat diambil kesimpulan bahwa iklan ini ingin menyampaikan pesan kepada khalayak luas yaitu jika ingin memberikan perawatan terbaik untuk mesin kendaraan bermotor kesayangan, dengan mendapat perlindungan maksimal dari metal conditioner maka khalayak bisa menggunakan oli Global Petro America yang lebih unggul di banding dengan kompetitor yang juga banyak beredar dipasaran.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Anantha P
      Date Deposited: 10 Mar 2011 12:07
      Last Modified: 10 Mar 2011 12:07
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1012

      Actions (login required)

      View Item