PESAN MORAL PADA FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN(Studi Semiotika Pada Film Animasi Upin dan Ipin Di Layar Lebar”Geng Upin Ipin Petualangan Bermula”)

WAHYU , HAPY ANGGRAINI (2010) PESAN MORAL PADA FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN(Studi Semiotika Pada Film Animasi Upin dan Ipin Di Layar Lebar”Geng Upin Ipin Petualangan Bermula”). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (82Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (267Kb)

      Abstract

      Tayangan televisi untuk anak-anak tidak bisa dipisahkan dengan film animasi atau kartun. Jenis film ini sangat populer di lingkungan mereka, bahkan tidak sedikit orang dewasa yang menyukai film ini. Pada awalnya, film animasi memang dibuat sebagai sarana hiburan untuk anak-anak. Namun perkembangan teknologi animasi dan industri film turut memperluas ruang gerak film kartun, baik dari segi tema cerita maupun gambarnya, sehingga segmen penontonnya pun meluas. Membicarakan isi cerita tak bisa dilepaskan dari pembicaraan tentang pesan. Pesan merupakan seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh komunikator (Effendy, 2001:18). Pesan dapat berupa gagasan, pendapat dan sebagainya yang sudah dituangkan dalam suatu bentuk dan melalui lambang komunikasi diterukan kepada orang lain atau komunikan (Pratikto, 1987:22). Menurut Hanafi (1999:192) ada tiga faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pesan, yaitu kode pesan, isi pesan dan wujud pesan. Kode pesan adalah sekumpulan simbol yang dapat disusun sedemikian rupa, sehingga bermakna bagi seseorang. Isi pesan ialah bahan atau material yang dipilih sumber untuk menyatakan maksudnya. Wujud pesan adalah keputusan-keputusan yang dibuat sumber mengenai bagaimana cara sebaiknya menyampaikan maksudmaksud dalam bentuk pesan….(Hanafi, 1999:200). Aspek moralitas dalam suatu film yang diperuntukkan bagi anak-anak memang perlu diperhatikan. Hal ini mengingat bahwa film sebagai alat komunikasi massa modern merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi perkembangan moral pada anak (gunarsa, 2003:40). Penelitian ini menggunakan film animasi Upin dan Ipin dengan judul Geng Upin & Ipin Pengembaraan bermula Rumusan Masalah yang ingin diketengahkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :“Apa pesan moral prososial yang terkonstruksi dalam Animasi Upin dan Ipin” Tujuan penelitian yang ingin diketengahkan oleh peneliti adalah untuk mengetahui pesan moral prososial yang terkonstruksi dalam Animasi Upin dan Ipin Dari hasil peneiltian pesan moral yang ada pada film ini adalah bagaimana kita tidak boleh menjadi pemburu haram, yang mencari binatang langka yang dilindungi. Memburu binatang langka atau yang dilindungi pemerintah adalah melanggar hukum. Sehingga dalam hidup bersosial dan bermasyarakat kita harus tahu segala aturan hukum yang berlaku. Sehingga kita bisa mengetahui dan menghindari perbuatan yang melawan hukum yang sanksinya adalah di pidanakan dan apabila terbukti dalam persidangan akan masuk penjara. Apabila mengetahui peraturan hukum maka kita meskipun di bujuk orang untuk melakukan perbuatan yang melawan hukum kita dapat menolaknya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Anantha P
      Date Deposited: 10 Mar 2011 14:17
      Last Modified: 10 Mar 2011 14:17
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1017

      Actions (login required)

      View Item