PEMAKNAAN KEBERSAMAAN DALAM PERSAHABATAN DI IKLAN SAMPOERNA HIJAU (Studi Semiotik Terhadap Iklan Rokok Sampoerna Hijau Versi “Pohon Rambutan” di Media Televisi)

SARI, PUSPITA WARDHANI (2010) PEMAKNAAN KEBERSAMAAN DALAM PERSAHABATAN DI IKLAN SAMPOERNA HIJAU (Studi Semiotik Terhadap Iklan Rokok Sampoerna Hijau Versi “Pohon Rambutan” di Media Televisi). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (70Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (279Kb)

      Abstract

      ABSTRAKSI SARI PUSPITA WARDHANI, PEMAKNAAN KEBERSAMAAN DALAM PERSAHABATAN DI IKLAN ROKOK SAMPOERNA HIJAU (Studi Semiotik Terhadap Iklan Rokok Sampoerna Hijau Versi Pohon Rambutan Di Media Televisi). Penelitian pada iklan Sampoerna Hijau ini didasari oleh ketertarikan peneliti pada konsep iklannya yang unik dan berbeda dari pola umum semua iklan yang ada dengan membalik kemapanan iklan. Pada umumnya iklan menggunakan orang terkenal atau selebritis sebagai model iklan, akan tetapi Sampoerna Hijau selalu menampilkan wajah-wajah baru atau bukan orang-orang yang populer. Selain itu Sampoerna Hijau mencoba untuk menggabungkan dua latar belakang yang berbeda antara penonton dengan adegan film dan tema yang diusung mengenai Semangat kebersamaan dan esensi persahabatan adalah aspek terpenting yang diangkat Sampoerna Hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna iklan Sampoerna Hijau versi “Pohon Rambutan”. Penelitian ini diteliti dengan menggunakan studi semiotik John Fiske dan dikategorikan dalam 3 (tiga) level yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Dimana dalam studi semiotik dapat diperoleh suatu pemahaman makna pesan yang jelas tentang iklan atau pesan yang disampaikan oleh pengiklan yang untuk khalayak atau calon konsumennya. Adapun kajian yang digunakan iklan media televisi, pesan komunikasi iklan, film sebagai komunikasi massa, penggunakan simbol warna dalam membuat isyarat, ciri-ciri masyarakat indonesia, dan kebersamaan dalam masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan studi semiotik ini adalah metode deskriptif kualitatif. Korpus dalam penelitian ini adalah iklan Sampoerna Hijau versi “Pohon Rambutan”, sedangkan unit analisinya adalah Sedangkan corpus dalam penelitian ini adalah tiap potongan scene Iklan produk Sampoerna Hijau versi "Pohon Rambutan" ditelevisi. Total potongan scene dalam iklan Sampoerna Hijau versi “Pohon Rambutan” terdiri dari 3 scene tetapi setiap scene memiliki beberapa shot. Dari data yang diperoleh dari hasil analisa tersebut, maka kesimpulan makna dari iklan Sampoerna Hijau versi “Pohon Rambutan” adalah pentingnya menjaga semangat kebersamaan, persahabatan, dan kekompakan pada pemuda dalam melakukan berbagai aktivitas. Bahwasannya dalam melakukan aktivitas kehilangan seorang sahabat tidaklah lengkap atau memberikan kesan yang berbeda terhadap apapun yang bisa dilakukan bersama. Semangat kebersamaan dan esensi persahabatan adalah aspek terpenting yang diangkat Sampoerna Hijau dalam setiap iklan yang bertema Pertemanan ini.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 11 Mar 2011 09:09
      Last Modified: 11 Mar 2011 09:09
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1031

      Actions (login required)

      View Item