PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Pada Pengguna Sepeda Motor Bebek merek Honda Di Surabaya)

Febry, Dwi Prasetyo (2009) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Pada Pengguna Sepeda Motor Bebek merek Honda Di Surabaya). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (99Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (369Kb)

      Abstract

      Perkembangan perekonomian saat ini telah tumbuh dengan sangat cepat. Dalam bidang ekonomi, pemasaran merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam suatu usaha. Saat sekarang ini strategi pemasaran yang digunakan oleh para pengusaha lebih berorientasi pada konsumen. Akibatnya timbul persaingan dalam menawarkan produk-produk dipasaran. Untuk dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, maka perusahaan dituntut untuk lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen yang semakin lama semakin kompleks dan selalu berubah-ubah seiring perkembangan jaman. Adapun untuk tetap mempertahankan pelanggan agar tetap setia yaitu dengan cara memuaskan pelanggan tersebut dengan memberikan produk-produk yang berkualitas, maka untuk itu ada dua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1. Diduga kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, artinya semakin tinggi kualitas suatu produk maka kepuasan konsumen juga semakin tinggi. 2. Diduga kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, artinya semakin konsumen merasa terpuaskan maka semakin besar tingkat kesetiaan/loyalitas pelanggan tersebut kepada produk yang dikonsumsi. Maka dengan adanya fenomena diatas maka peneliti bertujuan untuk menggali informasi apakah kualitas suatu produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan apakah kepuasan konsumen berpengaruh juga terhadap loyalitas pelanggan sepeda motor bebek merek Honda di wilayah Surabaya. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari menyebarkan kuisioner kepada pengguna motor bebek merek Honda sebanyak 110 kuisioner. Untuk pengujian data menggunakan analisis SEM (Struktural Equation Model). Teknik pengukuran variabel menggunakan skala interval, dengan memakai metode perbedaan semantic (semantic differentials scale). Dari hasil uji kausalitas didapatkan hasil bahwa faktor kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan faktor kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan,

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Anantha P
      Date Deposited: 11 Mar 2011 13:34
      Last Modified: 11 Mar 2011 13:35
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1062

      Actions (login required)

      View Item