MOTIF REMAJA DALAM BELANJA ONLINE MELALUI FACEBOOK (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Motif Remaja Dalam Belanja Online Melalui Facebook)

DININTA , SEPTIANTI HAPSARI. (2010) MOTIF REMAJA DALAM BELANJA ONLINE MELALUI FACEBOOK (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Motif Remaja Dalam Belanja Online Melalui Facebook). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (161Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (267Kb)

      Abstract

      Penelitian ini berdasarkan adanya fenomena gaya hidup Shopping Online (Belanja Online) remaja yang di Surabaya melalui Facebook. Hal ini terkait dengan gaya hidup remaja sekarang yang masih berada pada tahap pencarian identitas diri, jadi banyak meniru apa yang dilihat dan didengar melalui media. Jika ada barang model baru seperti pakaian, handphone, tas, sepatu, dan jam tangan, mereka akan berlomba-lomba satu sama lain untuk mendapatkan barang tersebut untuk menunjang eksistensinya. Penelitian menaruh perhatian pada gaya hidup remaja dalam melakukan Shopping Online melalui Facebook, baik berupa alasan, sifat, topik maupun nilainilai dalam melakukan hal tersebut. Teori yang digunakan adalah Computer Mediated Communications ( CMC ) dan Technological Determinism Theory. Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah metode yang lebih mudah menyesuaikan bila dalam penelitian ini kenyataannya ganda, menyajikan secara langsung hubungan antara peneliti dengan objek peneliti, lebih peka serta dapat menyesuaikan diri dengan banyak pengaruh terhadap pola-pola nilai yang dihadapi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah metode deskriptif, yaitu data yg dikumpulkan berupa kata-kata. Hasil penelitian ialah dapat mengetahui Motif Remaja di Surabaya dalam melakukan Shopping Online melalui Facebook yaitu untuk eksistensi diri, mencari barang-barang baru. Kesimpulan yang dihasilkan yakni, remaja di Surabaya (informan penelitian) merasa nyaman melakukan Shopping Online di Facebook, karena kebutuhan dan keinginan mengenai gaya hidup remaja dapat terpenuhi oleh Facebook.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 14 Mar 2011 15:36
      Last Modified: 14 Mar 2011 15:36
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1073

      Actions (login required)

      View Item