TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG IKLAN LAYANAN MASYARAKAT WAJIB PAJAK “APA KATA DUNIA” DI TELEVISI ( Studi Deskriptif Tentang Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Terhadap Iklan Layanan Masyarakat Wajib Pajak “Apa Kata Dunia” di Televisi )

Renata, Dian Sari (2010) TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG IKLAN LAYANAN MASYARAKAT WAJIB PAJAK “APA KATA DUNIA” DI TELEVISI ( Studi Deskriptif Tentang Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Terhadap Iklan Layanan Masyarakat Wajib Pajak “Apa Kata Dunia” di Televisi ). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (95Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (254Kb)

      Abstract

      RENATA DIAN SARI, TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG IKLAN PAJAK “APA KATA DUNIA” DI TELEVISI (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Terhadap Iklan Pajak “Apa Kata Dunia” di Televisi) Iklan pajak “Apa Kata Dunia” yang ditayangkan hampir di seluruh stasiun televisi merupakan salah satu iklan layanan masyarakat yang dikeluarkan oleh DirJen Pajak untuk menghimbau masyarakat agar membayar pajak. Iklan ini memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya membayar pajak serta secara persuasive DirJen perpajakan menghimbau masyarakat supaya mendaftarkan diri sebagai wajib pajak. Bagaimanakah tingkat kognisi masyarakat Surabaya terhadap iklan tersebut sehingga mereka mendaftarkan diri sebagai wajib pajak. Landasan teori yang dipakai yaitu Teori S-O-R. Menurut teori ini efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Selain itu, teori ini menjelaskan tentang pengaruh yang terjadi pada pihak penerima sebagai akibat dari proses komunikasi. Metode penelitian ini menggunakan accidenbtal sampling atau sampling kebetulan, di mana obyek yang diteliti adalah masyarakat yang kita temui dan memenuhi syarat-syarat untuk menjadi sampel penelitian ini. Dalam hal ini peneliti berkunjung ke kantor pajak dengan mengajukan kuesioner kepada masyarakat yang sedang membayar pajak. Kuesioner tersebut berisi tentang pertanyaan terkait dengan pengetahuan responden tentang iklan pajak “Apa Kata Dunia” di televisi. Setelah melalui pengolahan data dari hasil kuesioner yang dibagikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan masyarakat Surabaya terhadap iklan pajak ”Apa Kata Dunia” di televisi terdapat pada kategori sedang. Yaitu responden mengetahui dan mengerti pesan yang terkandung dalam iklan pajak ”Apa Kata Dunia” di televisi, akan tetapi tidak memahami sepenuhnya menyangkut program wajib pajak yang dicanangkan oleh Dirjen pajak.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 15 Mar 2011 08:29
      Last Modified: 15 Mar 2011 08:29
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1098

      Actions (login required)

      View Item