KINERJA PDAM “DELTA TIRTA” SIDOARJO MENURUT PERSPEKTIF YANG DI UKUR MELALUI BALANCE SCORECARD

Chindy, Septyawati Rachman (2010) KINERJA PDAM “DELTA TIRTA” SIDOARJO MENURUT PERSPEKTIF YANG DI UKUR MELALUI BALANCE SCORECARD. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (71Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (277Kb)

      Abstract

      Balanced Scorecard merupakan suatu kerangka kerja baru yang mengintegrasikan berbagai ukuran yang diturunkan dari strategi perusahaan. Selain ukuran finansial masa lalu, Balanced Scorecard juga menggunakan pendorong kinerja masa depan. Sebagai perusahaan daerah yang bertanggung jawab dalam penyediaan air bersih di wilayah Sidoarjo, PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo memiliki beberapa permasalahan antara lain program untuk meningkatan layanannya. Di tengah musim penghujan, sebanyak 25.000 pelanggan PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo mengeluhkan air di rumahnya justru tidak mengalir, kondisi air PDAM yang kurang berkualitas inilah yang menjadi permasalahan pelanggan. Berdasarkan fenomena tersebut oleh karena itu penelitian ini diangkat. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini yaitu pegawai perusahaan PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo sebanyak 383 pegawai. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 karyawan. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penarikan sampel berdasarkan pertimbangan atau kriteria-kriteria tertentu. Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu data yang berasal dari perusahaan. Sedangkan analisis yang dipergunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah didapatkan 1).Perspektif Keuangan, bahwa sebagian besar responden memiliki apresiasi yang tinggi untuk meningkatkan sisi finansial setiap kinerja yang telah diberikan kepada perusahaan.2).Perspektif Pelanggan, dalam perspektif ini diukur tingkat kepercayaan pelanggan yang dapat dicerminkan dari jumlah pelanggan baru yang terdaftar dan besarnya pangsa pasar yang diperoleh oleh perusahaan. 3). Dalam hal inovasi, PDAM “Delta Tirta’ Sidoarjo melakukan upaya melalui penataan, strategi di bidang bisnis dan manajemen. Strategi balance scorecard yang dilakukan perusahaan. 4). Dalam perspektif ini diukur tingkat pembelajaran dan pertumbuhan perusahaan yang dapat dicerminkan dari jumlah pelanggan baru yang terdaftar dan besarnya pangsa pasar yang diperoleh oleh perusahaan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5549 Personnel Management. Employment management
      H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5657.4 Managerial accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 17 Mar 2011 16:31
      Last Modified: 17 Mar 2011 16:31
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1206

      Actions (login required)

      View Item