Iksan, - (2008) Analisis Portfolio dengan Matriks GE-Mc.Kinsey di Perusahaan Plastik “Keris”. Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management, 3 (2). pp. 106-121. ISSN 1907-5146
Abstract
Persaingan pasar tentunya tidak dapat dihindari mengingat banyaknya perusahaan sejenis yang bermunculan. Untuk itu perusahaan mgm mengetahui posisinya dalam pasar sehingga mampu menerapkan strategi pemasaran yang balk yang sangat diperlukan perusahaan untuk menghadapi pesaing-pesaingnya. OIeh karena itu Perusahaan dituntut untuk mampu menganlati dan mengantisipasi reáksi lingkungan internal dan eksterñal perusáhaan. Indikator variabel internal meliputi : pangsa pasar, area pemasaran, d!fferensiasi pemasaran, sales force, kualitas produk, variasi produk, harga produk, effktivita ditribüsi, effisieiisi produksi, seth pelayanan pelanggaii. Sedangkan indikator variabel eksternal meliputi : pertumbuhan pasar, market size, daya beli, pengetahuan pelanggan, jumlah pesaing, struktur persaingan, keagresifàn pesaing, iñflasi, regulasi, perubahan teknologi. Untok memperoleh indikator tersebut diperlukan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, dan kuesioner pembobotan untuk memberikan bobot path tiap-tiap indikator dimana pada pengoIaha data diperlukan Malytical Hierarchy Process. Dalam matriks GE-Mc.Kinsey yang terbagi menjadi sembilan kwadran, dengan dua sumbu yaitu daya tank industri (eksternal) path sumbu honsontal dan kekuatan bisnis (internal) path sumbu vertikal. Path tahun 2006 PP.”Keris” berada pada posisi dimana daya tank industri tinggi dan kekuatan bisnis menengah. Sehingga menerapkan stiutegi investasi guna pertumbuhan perusahaan. Sedangkan pada tiga tahun mendatang (tahun 2009) diperkirakaxi perusahaan berada path posisi dimana daya tank industri menengah dan kekuatan bisnis tinggi. Sehingga menerapkan strategi tumbuh selektif.
Actions (login required)