Budi , Santoso (2007) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN DALAM MEMPOSISIKAN BEBERAPA RETAIL DI WILAYAH SURABAYA DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL DENGAN SCALLING. Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management, 2 (1). pp. 47-54. ISSN 1907-5146
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang mempengaruhi presepsi konsumen dalam memposisikan dan berbelanja di retail Metode analisis data menggunakan metode Multi Deminsional Scalling (MDS) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kemiripan atau kesamaan antara retail yang satu dengan yang lain. Objek penelitjan terdiri dari 5 retail yaitu Alfa, Hero, Indomart, Sinar dan Superindo. Sedangkan responden adalah konsumen yang berbelanja diretail diatas sehingga dapat membedakan masing-masjng retail. Hasil dan penelitian dapat disimpulkan bahwa retail Superindo dan Alfa terletak pada dimensi 1, Sinar dan Hero terletak di dimensi 2, dan Indomart terletak pada dimensi 3. Dimensi-dimensi tersebut sesuai dengan atribut yang mempengaruhinya Demensi I posisi ditempati Alfa dan Supenindo yang diisj oleh atribut pada factor l(kualitas, promosi, harga, dan image). Demensi 2 posisi ditempati oleh Hero dan Sinar yang dilsi oleh atribut pada factor 2 (pelayanan kasir, karyawan serta fasilitas AC dan musik) Demensi 3 posisi ditempati Indomart yang diisi oleh atribut pada factor 3 (layout dan kenyamanan).
Actions (login required)