ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENJUALAN KERAMIK (Studi Kasus Pada Industri Keramik Kasongan Di Kab. Bantul, Jogjakarta)

Hana , Catur W and Enny , Koeswandari (2007) ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENJUALAN KERAMIK (Studi Kasus Pada Industri Keramik Kasongan Di Kab. Bantul, Jogjakarta). Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management, 2 (2). pp. 78-87. ISSN 1907-5146

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (551Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian yang dilakukan di sentra industri keramik kasongan Kabupaten Jogjakarta ini bertujuan untuk mengindentifikasi dan mengetahui faktor - faktor marketing mix yang berpengaruh terhadap penjualan keramik serta untuk mengetahui sejauh mana dan seberapa besar pengaruh masing - masing variabel marketing mix yang berkaitan dengan upaya untuk meningkatkan penjualan dengan memperbaiki faktor - faktor marketing mix yang paling berpengaruh terhadap penjualan. Pengumpulan data di~roleh dengan cam penyeharan kllisioner kepada pimpinan perusahaan ataa pihak yang berkompeten sehingga diperoleh data yang bersifat kualitatif. Pada penelitian ini pengolahan data dilakukan dengan cara perhitungan komputasi untuk menganalisis secara kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda, yang menjadi variabel tak bebas adalah penjualan keramik, dan variabel bebasnya adalah produk sebagai variabel, harga sebagai variabel, saluran distribusi sebagai, dan promosi sebagai variabel. Dari pengolahan data diperoleh hasil bahwa secara bersama - sarna produk, harga, saluran distribusi dan promosi ( marketing mix ) berpengaruh secara positif signifikan terhadap penjualan keramik sebesar 0,428 atau 42,8 %. Sedangkan untuk masing - masing variabel temyata hanya produk, harga dan salutan distribusi yang berpengaruh signiftkan terhadap penjualan keramik. Dengan demiki:m untuk meningkatkan penjualan faktor - faktor marketing mix yang lebih ditingkatkan adalah produk, harga dan saluran distribusi.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: UPN Jatim Journal > Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 21 Feb 2011 10:55
    Last Modified: 14 Mar 2011 12:47
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/126

    Actions (login required)

    View Item