PENGUKURAN TINGKAT KINERJA SUPPLIER PASIR DENGAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PABRIK GENTENG COR DAN PAVING DI PT. CAHAYA PURNAMA NUSANTARA

Ummatul, Ariyah (2010) PENGUKURAN TINGKAT KINERJA SUPPLIER PASIR DENGAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PABRIK GENTENG COR DAN PAVING DI PT. CAHAYA PURNAMA NUSANTARA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (183Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (276Kb)

      Abstract

      Pada era globalisasi yang sangat ketat ini kemenangan dalam persaingan membutuhkan kemampuan untuk meningkatkan kinerja sehingga tiap perusahaan untuk dapat melaksanakam strateginya dalam menghadapi kelancaran arus rantai pasoknya dari mulai bahan bau proses produksi sampai produk ke tangan konsumen. PT. Cahaya Purnama Nusantara yang bergerak dibidang manufaktur produksi Genteng cor dan Paving belum mempunyai suatu sistem pengukuran kinerja supplier yang baku dan bersifat menyeluruh. Selama ini evaluasi kinerja supplier lebih dititik beratkan hanya pada sisi harga bahan baku saja. Hal itu tentunya akan dapat mengakibatkan turunnya kualitas produk. Berdasarkan kondisi ini maka perlu dirancang dan diukur suatu kinerja supplier yang sesuai denga reqruitment perusahaan supaya kepuasan konsumen tetap terjaga. Vendor Performance Indicator (VPI) merupakan suatu sistem manajemen pengukuran kinerja supplier yang dilakukan secara menyeluruh dan sesuai dengan reqruitment perusahaan dapat menunjukkan performansi kinerja supplier. Evaluasi supplier ini dipandang menggunakan lima kriteria yaitu : Quality, Cost, Delivery, Flexibility, Responsiveness (QCDFR) tentang kemampuan supplier dalam memenuhi kebutuhan bahan baku perusahaan. Tiap VPI dan kriteria yang ada dalam eveluasi supplier dibobotkan dengan menggunakan metode AHP, melalui perangkat lunak Expert Choice Versi 9.0 Setelah performansi supplier diukur dengan menggunakan scoring system maka selanjutnya akan dilakukan analisa dengan menggunakan traffic light system sehungga dapat diketehui apakah achievement dari suatu indicator sudah tercapai atau belum dan memerlukan perbaikan atau tidak. Skor kinerja tiga supplier pasir CV. Cahaya Purnama Nusantara adalah sebesar 87% untuk CV. Putro Utomo , sebesar 88% untuk CV. Ridho dan CV. Putra Piala Mas. Ketiga supplier tersebut berada pada indikator hijau, artinya kinerja telah melebihi target dari perusahaan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 21 Feb 2011 14:20
      Last Modified: 21 Feb 2011 14:20
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/133

      Actions (login required)

      View Item