VARIABEL – VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BPR SURYA ARTHA UTAMA DI SURABAYA

FERY , ARDIANSYAH (2011) VARIABEL – VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BPR SURYA ARTHA UTAMA DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (877Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (4023Kb)

      Abstract

      Pelaksanaan pembangunan disamping untuk meningkatkan pendapatan nasional sekaligus harus menjamin pembagian yang merata bagi seluruh rakyat. Hal ini membuat jalannya roda pembangunan nasional di negara mengalami kemajuan di berbagai bidang. Salah satu pegangan yang penting dalam kebijakan moneter adalah bagaimana tentang bagaimana kebijakan suku bunga dan kredit. Dalam hal ini perlu diperhatikan bahwa suku bunga kredit akan dapat menunjang tercapainya sasaran kebijakan moneter yang dapat mendorong tabungan masyarakat dan dapat pula mengurangi tekanan inflasi. PT. BPR Surya Artha Utama Kota Surabaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perbankkan yang mengkhususkan diri sebagai bank perkreditan rakyat yang legalitasnya sebagai pemberi kredit kepada para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kota Surabaya beserta para pedagang pasar yang berada dibawah naungan PD. Pasar Surya dan juga masyarakat umum di Kota Surabaya. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh character, capacity, capital, collateral, conditions terhadap keputusan pemberian kredit. Teknik sampel yang dipergunakan adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi sebanyak 71 sehingga jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 orang. Teknis analisis yang dipergunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian telah menunjukkan bahwa secara simultan variabel character (X1), capacity (X2), capital (X3), collateral (X4) dan conditions (X5). berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pemberian kredit. Hal ini dapat diketahui dari nilai signifikan variabel character (X1) sebesar 0,832 dengan thitung sebesar 0,213, variabel capacity (X2) sebesar 0,025 dengan thitung sebesar 2,303, variabel capital (X3) sebesar 0,007 dengan thitung sebesar 2,798, variabel collateral (X4) sebesar 0,413 dengan thitung sebesar -0,825, variabel conditions (X5) sebesar 0,037 dengan thitung sebesar 2,140. Dengan demikian dapat diketahui thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,004 maka H0 ditolak, yang berarti bahwa tidak terdapat pengaruh secara parsial dari variabel character (X1) dan variabel collateral (X4). Sedangkan terdapat pengaruh secara parsial dari variabel capacity (X2), variabel capital (X3), dan variabel conditions (X5), terhadap keputusan pemberian kredit (Y).

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 15 Oct 2011 15:38
      Last Modified: 15 Oct 2011 15:39
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1421

      Actions (login required)

      View Item