KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI KERETA API (Study Kasus Pelayanan di atas Kereta Api Turangga)

LISA , SEPTINA (2011) KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI KERETA API (Study Kasus Pelayanan di atas Kereta Api Turangga). Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (835Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (3977Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menginterprestasikan kualitas pelayanan PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VIII Stasiun Surabaya Kota dalam rangka pengoperasian kereta api Turangga jurusan Surabaya- Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang meneliti hanya satu variable tentang kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan pihak karyawan PT Kereta Api (Persero) yang ada di atas kereta api Turangga jurusan Surabaya-Bandung dan sebagai informan dalam penelitian ini adalah masinis, kondektur, POLSUSKA, pramugari, dan para penumpang kereta api Turangga. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah:1.Keselamatan, 2.Ketepatan waktu, 3.Kemudahan Pelayanan, 4.Kenyamanan, 5.Kecepatan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti di atas kereta api Turangga jurusan Surabaya-Bandung, 1. Pelayanan Keselamatan di atas Kereta Api Turangga sudah baik, 2.Pelayanan Ketepatan Waktu dalam pemberangkatan dan kedatangan kereta sudah baik sesuai dengan Keputusan Menpan No.63 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Umum tentang Ketepatan waktu dan Kualitas Pelayanan Kereta Api, 3.Pelayanan dalam hal memberikan Kemudahan Pelayanan di atas Kereta Api Turangga sudah baik, 4.Pelayanan kenyamanan fasilitas pendukung sudah baik, 5.Pelayanan kecepatan dalam hal waktu tempuh kereta sudah baik tepat sesuai dengan jarak dan waktu yang ditempuh. Pada kesimpulan kualitas pelayanan berdasarkan kualitas pelayanan transportasi kereta api yang dilakukan oleh petugas Kereta Api Turanga sudah memenuhi lima faktor pelayanan, yaitu: 1.Pelayanan keamanan dan keselamatan perjalanan, 2.Pelayanan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan, 3.Kualitas kenyamanan di dalam kereta api Turangga , 5.Kecepatan dalam waktu tempuh sesuai dengan jarak yang ditentukan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 17 Oct 2011 08:12
      Last Modified: 17 Oct 2011 08:13
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1430

      Actions (login required)

      View Item