FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA PEMBAYARAN DAN PENARIKAN TUNAI KARTU KREDIT (Studi kasus pada Pelanggan Global Indonesia Jemursari Surabaya)

Rika , Agustina (2011) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA PEMBAYARAN DAN PENARIKAN TUNAI KARTU KREDIT (Studi kasus pada Pelanggan Global Indonesia Jemursari Surabaya). Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (997Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (4Mb)

      Abstract

      Pertumbuhan ekonomi di era globalisasi ditandai dengan semakin berkembangnya dunia usaha di segala bidang. Sehingga dalam hal ini menuntut adanya sistem pemasaran yang semakain baik pada setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Global Indonesia yaitu suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembayaran dan penarikan tunai menggunakan kartu kredit dapat membantu setiap pelanggan dalam membayarkan tagihan dan mencairkan dana dari kartu kredit tanpa adanya bunga yang dikenakan bank. Banyak juga perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yang sama dengan Global Indonesia. Dalam merealisasikan tujuan untuk mencapai keumtungan sebaiknya perusahaan menerapkan faktor – faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggannya .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kepuasan, kepercayaan, persepsi nilai dan komitmen secara simultan terhadap loyalitas pelanggan, 2) pengaruh kepuasan, kepercayaan, persepsi nilai dan komitmen secara parsial terhadap loyalitas pelanggan, dan 3) variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Global Indonesia Jemursari Surabaya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 156 orang yang diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel Purposive Sampling. Jenis penelitian ini adalah data primer. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa 1) hasil uji F menunjukkan bahwa variabel kepuasan, kepercayaan, persepsi nilai dan komitmen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa pembayaran dan penarikan kartu kredit di Global Indonesia, 2) keseluruhan variabel bebas ( kepuasan, kepercayaan, persepsi nilai dan komitmen) memiliki pengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan dalam menggunakan jasa pembayaran dan penarikan kartu kredit di Global Indonesia 3)hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variable kepercayaan dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan dua variable lainnya yaitu variable kepuasan dan persepsi nilai tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan 4) Di antara keempat variabel bebas tersebut variabel kepercayaan merupakan variabel yang memiliki pengaruh terbesar terhadap Loyalitas Pelanggan dalam menggunakan jasa pembayaran dan penarikan tunai di Global Indonesia.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 17 Oct 2011 08:58
      Last Modified: 17 Oct 2011 08:59
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1436

      Actions (login required)

      View Item