PELAYANAN JAMKESDA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS (STUDI KASUS DI RSU Dr. WAHIDIN SUDIRO HUSODO PEMERINTAH KOTA MOJOKERTO)

DWI , SEPTIAN WIDIANTO PUTRI (2011) PELAYANAN JAMKESDA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS (STUDI KASUS DI RSU Dr. WAHIDIN SUDIRO HUSODO PEMERINTAH KOTA MOJOKERTO). Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1167Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (4Mb)

      Abstract

      Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan satu variabel yaitu tentang pelayanan jamkesda. Fenomena yang terjadi adalah masih banyaknya masyarakat yang kurangnya informasi secara langsung tentang pelayanan administrasi pada proses pelayanan jamkesda. Kurangnya informasi tentang program jamkesda yang diperoleh masyarakat dapat menghambat proses pelayanan. Sehingga mereka berharap dengan adanya posko informasi atau pengaduan dapat membantu mereka yang membutuhkan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pelayanan Jamkesda Ditinjau Dari Perspektif Transparansi Dan Akuntabilitas (Studi Kasus di RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Pemerintah Kota Mojokerto). Tujuan untuk Mengetahui Pelayanan Jamkesda Ditinjau Dari Perspektif Transparansi Dan Akuntabilitas (Studi Kasus di RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Pemerintah Kota Mojokerto). Fokus dalam penelitian ini ada 2 yaitu 1. Tentang transparansi pelayanan publik dengan sasaran kajian: (sistem prosedur, persyaratan administrasi, biaya), 2. Tentang akuntabilitas pelayanan publik dengan sasaran kajian: (sistem prosedur, persyaratan administrasi, biaya). Informan dalam penelitian ini adalah peserta jamkesda rawat inap dan rawat jalan, Wakil Direktur serta petugas loket atau bagian administrasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1. Transparansi pelayanan publik dengan sasaran kajian: (sistem prosedur, persyaratan administrasi, biaya) bahwa transparansi yang dilakukan Rumah Sakit sudah dilakukan baik karena dengan adanya informasi yang jelas masyarakat dapat mengakses pelayanan dengan mudah. 2. Akuntabilitas pelayanan publik dengan sasaran kajian: (sistem prosedur, persyaratan administrasi, biaya) bahwa pertanggung jawaban yang dilakukan Rumah Sakit sudah dilakukan dengan baik dengan adanya informasi yang terbuka dan jelas serta sudah dilakukan sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan. Kesimpulan dalam penelitian adalah 1. Dengan adanya transparansi pelayanan yang terbuka serta informasi yang jelas dapat mempermudah proses pelayanan. 2. Dengan adanya akuntabilitas pelayanan maka proses pertanggung jawaban yang dilakukan sudah sesuai dengan peraturan yang ada sehingga dapat membantu adanya suatu pelayanan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 17 Oct 2011 15:06
      Last Modified: 17 Oct 2011 15:07
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1480

      Actions (login required)

      View Item