STRATEGI KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DESA TEGALARUM KECAMATAN BENDO KABUPATEN MAGETAN

WAHYU , FITRI NURCAHYONO. (2011) STRATEGI KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DESA TEGALARUM KECAMATAN BENDO KABUPATEN MAGETAN. Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (968Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (3880Kb)

      Abstract

      Pada umumnya pegawai ditingkat desa tidak dilakukan penilaian kerja secara rutin karena tidak diperlukan peningkatan jenjang karir seperti yang terjadi pada pegawai negeri sipil. Sedangkan di Kantor Desa Tegalarum Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan sejak Adi Sucipto menjabat menjadi Kepala Desa telah melakukan penilaian kerja kepada seluruh pegawai Kantor Desa Tegalarum yang dilakukan pertama kalinya pada bulan Desember 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, menganalisa Strategi Kepala Desa Tegalarum Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan dalam meningkatkan kinerja pegawai.Situs penelitian ini adalah Kepala Desa Tegalarum. Peneliti memfokuskan pada penilaian kinerja, dan pembinan serta pelatihan pegawai Kantor Desa Tegalarum. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik analisa yang digunakan adalah model analisa data model interaktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari kata-kata dan tindakan, sumber tertulis dan foto. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan : 1. Penilaian kerja melalui Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) berhasil menjadi salah satu strategi dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai Kantor Desa yang diperkuat oleh kebutuhan pegawai dalam rangka proses kenaikan pangkat nilai DP3 harus meningkat otomatis dengan sendirinya pegawai akan meningkatkan kinerja. 2. Penilaian kinerja melalui penggunaan form penilaian kerja mampu meningkatkan kinerja pegawai. Proses pelaksanaanya dilakukan bersama sama dengan pelaksanaan DP3 yang membedakan adalah unsur yang dinilai dan parameter penilaian. 3. Peningkatan kualitas pegawai melalui mengikutsertakan dalam seminar, penataran, dan pelatihan berhasil meningkatkan kinerja pegawai.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5549 Personnel Management. Employment management
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 17 Oct 2011 15:44
      Last Modified: 17 Oct 2011 15:44
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1487

      Actions (login required)

      View Item