ANALISIS PENGARUH RASIO LEVERAGE KEUANGAN TERTIMBANG DAN PANGSA PASAR TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE) PADA PERUSAHAAN ROKOK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Nova Ari, Supraptiwi (2010) ANALISIS PENGARUH RASIO LEVERAGE KEUANGAN TERTIMBANG DAN PANGSA PASAR TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE) PADA PERUSAHAAN ROKOK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (103Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (436Kb)

      Abstract

      Pada perkembangannya perusahaan rokok di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup bagus. Dari sudut pandang manejemen keuangan rasio leverage keuangan merupakan salah satu rasio yang banyak dipakai untuk meningkatkan (leverage) profitabilitas perusahaan. Indikator lain dalam persaingan industri adalah posisi relative perusahaan dalam persaingan industri. Industri ini dapat diukur melalui pangsa pasar (market share). Semakin tinggi pangsa pasar mencerminkan semakin tinggi kekuatan perusahaan dalam persaingan pasar. Return On Equity (ROE) merupakan alat yang sering digunakan untuk mengukur kinerja organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh secara simultan dan parsial variabel leverage keuangan tertimbang (X1) dan pangsa pasar (X2) terhadap Return on equity (ROE) (Y). Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Sampling jenuh, sampling jenuh adalah teknik pengambilan sampel yang dipilih dari semua anggota populasi. Jumlah sampel yang diambil adalah 3 perusahaan atas pertimbangan Pada tahun 2009 terdapat 3 (tiga) perusahaan rokok yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni Gudang Garam dengan kode saham GGRM, HM Sampoerna (HMSP), PT Bentoel International Investama (RMBA). Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan 2 prediktor. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan secara parsial uji t. Dari hasil yang diperoleh secara simultan variabel leverage keuangan tertimbang (X1) dan pangsa pasar (X2) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) (Y) dimana dibuktikan dengan hasil Fhitung lebih kecil dari Ftabel (Fhitung 2.818 < Ftabel 3,88 ) dengan persamaan regresi Y = 39,094 + 4,091 X1 + 0,892 X2 + e. Sedangkan berdasarkan hasil analisis secara parsial dengan uji t diketahui variabel leverage keuangan tertimbang (X1) (t-hitung sebesar 1,083 < ttabel sebesar 2,179), variabel pangsa pasar (X2) (t-hitung sebesar -1,794 < ttabel sebesar -2,179). Secara parsial variabel leverage keuangan tertimbang (X1) dan variabel pangsa pasar (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Return On Equity (ROE)

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 22 Feb 2011 17:42
      Last Modified: 22 Feb 2011 17:42
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/155

      Actions (login required)

      View Item