PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK SEPEDA MOTOR SUZUKI SMASH DI NGANJUK

Herman , Sugiarto (2011) PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK SEPEDA MOTOR SUZUKI SMASH DI NGANJUK. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1019Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (2603Kb)

      Abstract

      PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK SEPEDA MOTOR SUZUKI SMASH DI NGANJUK Oleh : Herman Sugiarto Abstraksi Permasalahan yang dihadapi dealer PT.Erlangga Motor Nganjuk adalah adanya ketidakstabilan penjualan produk Sepeda Motor Suzuki Smash bahkan cenderung terus mengalami penurunan penjualan tiap tahunnya sehingga target penjualan tidak pernah tercapai.Hal ini dapat diketahui dimana pada tahun 2007 sebanyak 296 unit, tahun 2008 volume penjualan turun menjadi 258 unit atau 12,83%, tahun 2009 turun menjadi 207 unit atau 19,76%, dan pada tahun 2010 mengalami penurunan sebanyak 198 unit atau 4,34% kendaraan merek Suzuki Smash. Dari permasalahan diatas maka akan menyulitkan pihak dealer untuk mencapai target penjualan yang diharapkan. Tidak terpenuhinya target penjualan ini diindikasikan oleh menurunnya loyalitas merek konsumen akan produk Suzuki Smash , dimana konsumen merasa keberatan karena mahalnya suku cadang original, desain produk yang masih kurang inovatif, harga jual kembalinya lebih murah atau rendah dan agak sulit laku.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek pada motor Suzuki Smash. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuisioner yang dibagikan kepada konsumen yang telah membeli dan menggunakan sepeda motor bebek merek Suzuki Smash di Kabupaten Nganjuk, yang ditemui peneliti pada saat pengambilan sampel. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala interval dengan teknik non probability sampling , ini adalah cara pengambilan sampel yang tidak semua anggota populasi diberi kesempatan untuk dipilih menjadi sampel, hanya responden yang memiliki ciri-ciri tertentu yang diperkiraka mempunyai kaitan dengan permasalahan penelitian yang dapat dijadikan kunci untuk pengambilan sampel. Pengambilan sampel didasari oleh asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 – 10 kali parameter yang diestimasi (Augusty, 2002:98). Pada penelitian ini ada 11 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu 55-110. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar 110 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM, yang akan mempermudah untuk melihat pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek yang akan diuji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh signifikan (positif) terhadap loyalitas merek pada motor Suzuki Smash di Nganjuk. Keywords: trust in a brand, brand loyalty

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 19 Oct 2011 11:21
      Last Modified: 19 Oct 2011 12:04
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1557

      Actions (login required)

      View Item