Faktor – Faktor Yang Dipertimbangkan Nasabah Dalam Menabung di Bank Syari’ah (Study Kasus Pada Bank BRI Syari’ah cabang Gubeng Surabaya)

Machbubatur, Rochmah (2010) Faktor – Faktor Yang Dipertimbangkan Nasabah Dalam Menabung di Bank Syari’ah (Study Kasus Pada Bank BRI Syari’ah cabang Gubeng Surabaya). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (91Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (338Kb)

      Abstract

      Perkembangan peran perbankan syariah di Indonesia tidak terlepas dari sistem perbankan di Indonesia secara umum. Karena perbankan Syari'ah dikenal sebagai Islamic bangking, kata Islamic pada awalnya dikembangkan sebagai satu respon dari kelompok ekonomi dan praktiksi. Perbankan Muslim yang berusaha mengakomodir berbagai pihak yang menginginkan agar tersedia jasa transaksi keuangan yang dilaksanakan sejalan dengan nilai moral dan prinsip-prinsip Syari'ah Islam khususnya yang berkaitan dengan pelarangan praktek riba Perkembangan bank syariah di Indonesia tergolong pesat. Dalam waktu kurang dari 15 tahun banyak bank-bank yag semula bersifat komersial akhirnya membuka cabang perbankan yang bersifat syariah. Perusahaan-perusahaan perbankan tersebut bukanlah hanya sekedar mencoba untuk mengembangkan prinsip syariah di Indonesia, tetapi factor yang lebih penting adalah permintaan konsumen untuk dibentuknya perbankan syariah. Adapun jenis penelitian yang digunakan disini adalah dengan menggunakan penelitian deskriptif. Dimana peneliti hanya menguraikan kondisi yang ada dan memberikan analisis terhadap fenomena tersebut. Sebagian responden digunakan 50 data dari responden dengan menggunakan kuesioner. Dimana responden diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil studi menunjukkan bahwa faktor-faktor yang diamati dalam penelitian ( Promosi, produk, syari’ah agama, manfaat menabung yaitu bagi hasil dan keamanan, lokasi, kelompok referensi ). Ternyata hanya bagi hasil yang tidak dipertimbangkan oleh nasabah BRI Syari’ah pada saat mereka menabung, karena banyak yang berpendapat samadengan bunga maka nasabah lebih memilih menabung di bank syari’ah karena bank yang mempunyai label islam.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 22 Feb 2011 17:42
      Last Modified: 22 Feb 2011 17:42
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/156

      Actions (login required)

      View Item