Kepuasan Konsumen Terhadap Pengembalian Uang Koin Yang Diganti Permen (Study Kasus Di Daerak Sekitar UPN “Veteran” Jatim)

Sindi Cahya, Yuniar (2010) Kepuasan Konsumen Terhadap Pengembalian Uang Koin Yang Diganti Permen (Study Kasus Di Daerak Sekitar UPN “Veteran” Jatim). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (325Kb) | Preview
    [img] PDF
    Restricted to Repository staff only

    Download (288Kb)

      Abstract

      Perkembangan dunia ekonomi sangat berpengaruh bagi dunia bisnis, karena dalam hal ini faktor ekonomi yang sangat menonjol salah satunya dalam hal keuangan. Oleh sebab itu banyak perusahaan yang merambah bisnis waralaba ataupun friendcase yang sengaja dididirikan untuk kesejahteraan sendiri maupun masyarakat. Salah satunya yaitu dengan adanya minimarket, masyarakat lebih senang untuk mengunjungi karena lebih praktis dan cukup terjangkau baik dari segi harga maupun kualitas produk. Semakin banyaknya minimarket yang didirikan menjadikan persaingan sendiri bagi pihak minimarket. Dalam hal ini kepuasan konsumen yang mnejadi tolak ukur bagi minimarket dalam menarik konsumen. Pelayanan adalah salah satu kebijakan yang di ambil oleh minimarket untuk memuaskan konsumen. Selain itu dalam hal pelayanan selain keramahan, kembalian yang di berikan juga menjadi alasan konsumen belanja diminimarket. Dengan Kembalian uang koin yang diganti permen tidak sedikit konsumen yang mengeluhkan hal ini, karena kembalian uang koin mereka diganti dengan permen, menurut konsumen uang tidak sama nilainya. Dan sisi lain ada konsumen yang senang apabila kembaliannya uang koin diganti dengan permen. Adapun jenis penelitian yang digunakan disini adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dimana peneliti hanya menguraikan kondisi yang ada dan memberikan analisis terhadap fenomena tersebut. Responden yang diambil sebagai sampel sebanyak 50 dengan menggunakan teknik acidiental sampling. Sebagian responden diberi kuisioner yang nantinya dapat dijadikan tolak ukur penelitian, selain kuisioner penelitian ini juga menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil studi menunjukkan bahwa terkait kepuasan konsumen yang diamati dalam penelitian (Sistem Pelayanan, perilaku belanja konsumen dan kepuasan konsumen). Ternyata kembalian uang koin yang diganti permen juga menjadi keresahan tersendiri bagi konsumen, tetapi di sisi lain konsumen juga hanya dapat berharap dan tidak dapat bertindak selain melakukan komplain ke YLKI (yayasan Lembaga Komplain Indonesia.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Fatchullah Z.A
      Date Deposited: 22 Feb 2011 17:42
      Last Modified: 22 Feb 2011 17:42
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/157

      Actions (login required)

      View Item