PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA ”SCORPIO” DI SURABAYA

FARIZHAL, - (2011) PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA ”SCORPIO” DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (781Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (2411Kb)

      Abstract

      Saat ini banyak sekali bermunculan merek sepeda motor dengan berbagai model, desain, dan memberikan kualitas yang bagus dengan harga yang cukup bersaing. Hal ini membuat konsumen akan memilih produk yang mengandung atribut – atribut yang diyakininya relevan dengan yang dibutuhkannya. Minat seseorang untuk membeli suatu produk dipengaruhi oleh sikapnya terhadap perilaku atau tindakan pembelian dan norma subyektif, dimana persepsi seseorang bahwa orang lain yang baginya akan bertindak terhadap perilaku itu. Sikap merupakan salah satu faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi minat seseorang untuk melakukan tindakan pembelian. Selain sikap dapat mendasari minat beli konsumen, maka faktor norma subyektif (subjective norms) juga dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh dari sikap dan norma subyektif terhadap minat beli konsumen produk sepeda motor Yamaha “SCORPIO” di Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitan ini adalah 110 orang (responden) calon pembeli sepeda motor Yamaha “SCORPIO” di Surabaya. Sedangkan sumber data yang digunakan berasal dari jawaban kuisioner yang disebar pada 110 responden dan kuesioner tersebut terdiri dari 9 item pernyataan yang dibagi menjadi 3 bagian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan structural equation modelling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hipotesis I yang menyatakan bahwa diduga Sikap berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen produk sepeda motor Yamaha “SCORPIO” di Surabaya, dapat diterima dan Hipotesis 2 yang menyatakan bahwa diduga Norma Subyektif berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen produk sepeda motor Yamaha “SCORPIO” di Surabaya, dapat diterima..

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 19 Oct 2011 16:17
      Last Modified: 19 Oct 2011 16:17
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1588

      Actions (login required)

      View Item