PENGARUH KINERJA MEREK DAN TINGKAT KEPUASAN MEREK TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PADA PRODUK KECAP ABC DI SURABAYA SELATAN

MASNI , PROPA. S (2011) PENGARUH KINERJA MEREK DAN TINGKAT KEPUASAN MEREK TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PADA PRODUK KECAP ABC DI SURABAYA SELATAN. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1001Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (2218Kb)

      Abstract

      PENGARUH KINERJA MEREK DAN TINGKAT KEPUASAN MEREK TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PADA PRODUK KECAP ABC DI SURABAYA SELATAN MASNI PROPA. S Abstraksi Kecap merupakan salah satu produk industri pangan yang digunakan sebagai bahan tambahan makanan ataupun sebagai salah satu bumbu masakan. Saat ini terdapat berbagai macam merek kecap di Indonesia dengan variasi rasanya. Hal ini menyebabkan persaingan yang terjadi di industri kecap manis semakin ketat dan masing-masing produsen menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan kompetitornya. Industri kecap di Indonesia tidak hanya diramaikan oleh industri-industri besar namun juga oleh home industri atau industri rumah tangga yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia. Merek-merek kecap manis yang dihasilkan oleh industri-industri besar antara lain kecap manis merek ABC, Bango, Indofood, Nasional, Maya, Orang Jual Sate dan Kokita. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja merek terhadap perpindahan merek pada produk kecap Cap ABC, pengaruh kepuasan merek terhadap perpindahan merek pada produk kecap Cap ABC dan pengaruh kinerja merek terhadap kepuasan merek pada produk kecap Cap ABC. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah Kinerja Merek (X1), Kepuasan Merek (X2) dan Perpindahan Merek (Y). Skala pengukuran variabel menggunakan skala semantic differensial. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita berusia 20 tahun keatas yang telah berkeluarga yang masih mengkonsumsi atau pernah mengkonsumsi kecap Cap ABC di Surabaya Selatan. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh sebagai tanggapan dari kuesioner yang disebarkan kepada responden dan juga hasil dari wawancara dengan pihak-pihak yang mendukung penelitian ini. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin baik kinerja merek semakin enggan konsumen berpindah ke merek lain, dibuktikan dengan hasil penelitian bahwasannya mereka cukup puas atas style dan desain dari Kemasan kecap ABC, semakin baik kepuasan merek semakin konsumen tidak mau berpindah ke merek lain, dibuktikan dengan hasil penelitian bahwasannya mereka cukup puas dengan manfaat kecap ABC sebagai pelezat masakan dan Semakin baik kinerja merek semakin konsumen merasa terpuaskan oleh merek tersebut, dibuktikan dengan banyaknya responden yang cukup puas dengan Style dan desain kemasan serta manfaat (sebagai pelezat makanan) dari kecap ABC tersebut. Keywords : kinerja merek, kepuasan merek, perpindahan merek

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 20 Oct 2011 09:29
      Last Modified: 20 Oct 2011 09:29
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1606

      Actions (login required)

      View Item