Analisis Pengaruh KepuasannKonsumen Terhadap Loyalitas Merek Viva Hand and Body Lotion di Surabaya (Studi Pada Carrefour Bubutan Junction Surabaya)

Rizky , Sophan Prasetyawan (2011) Analisis Pengaruh KepuasannKonsumen Terhadap Loyalitas Merek Viva Hand and Body Lotion di Surabaya (Studi Pada Carrefour Bubutan Junction Surabaya). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1068Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (3182Kb)

      Abstract

      Permasalahan yang dihadapi oleh Carrefour Bubutan Junction Surabaya adalah adanya ketidakstabilan penjualan produk Viva Hand and Body Lotion bahkan cenderung terus mengalami penurunan penjualan tiap tahunnya sehingga target penjualan tidak pernah tercapai. Hal ini dapat diketahui dimana pada tahun 2008 penjualan produknya sebesar 715 botol atau kurang 4,67% dari target penjualan, pada tahun 2009 mengalami penurunan dimana produk yang terjual sebesar 638 botol atau kurang 14,93% dari target penjualan, dan pada tahun 2010 kembali mengalami penurunan penjualan yang cukup drastis dari tahun sebelumnya yakni sebesar 463 botol atau kurang 38,27% dari target penjualan. Tidak terpenuhinya target penjualan ini diindikasikan oleh menurunnya loyalitas merek konsumen akan produk Viva Hand and Body Lotion, dimana konsumen merasa bahwa produk tersebut terkesan murahan, kurang bergengsi dan kalah pamor dengan produk serupa di pasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek Viva Hand and Body Lotion di Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuisioner yang dibagikan kepada konsumen produk Viva Hand and Body Lotion di Carrefour Bubutan Junction Surabaya, yang ditemui peneliti pada saat dilakukan pengambilan sampel. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala interval dengan teknik non probability sampling, ini adalah cara pengambilan sampel yang tidak semua anggota populasi diberi kesempatan untuk dipilih menjadi sampel, hanya responden yang memiliki ciri-ciri tertentu yang diperkirakan mempunyai kaitan dengan permasalahan penelitian yang dapat dijadikan kunci untuk pengambilan sampel. Pengambilan sampel didasari oleh asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 – 10 kali parameter yang diestimasi (Augusty, 2002:98). Pada penelitian ini ada 12 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu 60-120. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar 120 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM, yang akan mempermudah untuk melihat pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek yang akan diuji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh positif tidak dapat diterima terhadap loyalitas merek Viva Hand and Body Lotion di Surabaya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 20 Oct 2011 10:04
      Last Modified: 20 Oct 2011 10:04
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1621

      Actions (login required)

      View Item