PORNOGRAFI IKLAN DALAM MAJALAH For Him Magazine (Studi Analisis isi Pornografi Perempuan Dalam Iklan Di Majalah Pria For Him Magazine)

Adjeng Rachma , Orchidifa (2011) PORNOGRAFI IKLAN DALAM MAJALAH For Him Magazine (Studi Analisis isi Pornografi Perempuan Dalam Iklan Di Majalah Pria For Him Magazine). Undergraduate thesis, Faculty of Social and politics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (159Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (195Kb)

      Abstract

      ADJENG RACHMA ORCHIDIFA. PORNOGRAFI IKLAN DALAM MAJALAH For Him Magazine (Studi Analisis Isi Perempuan Dalam Iklan Di Majalah Pria For Him Magazine). Penelitian ini didasarkan dengan adanya fenomena pornografi pada sebuah iklan. Saat ini, model perempuan sering digunakan dalam berbagai macam produk iklan. Bahkan, sebuah produk yang tidak ada kaitannya dengan perempuan pun, banyak iklan yang menggunakan model perempuan untuk memasarkan produknya tersebut. Tak jarang pula iklan-iklan menyertakan foto/gambar perempuan setengah bugil dan pakaian ekstra minim. Pornografi perempuan dalam iklan sering kita jumpai di majalah pria dewasa, salah satunya majalah FHM yang akan penulis teliti. Dalam penelitian ini, digunakan penelitian kuantitatif dengan metode studi analisis isi dan teori gatekeeper dalam meneliti pornografi perempuan dalam iklan di majalah FHM. Kemudian ditetapkan beberapa kategorisasi pornografi yang didasari oleh UUD Pornografi Nomor 44 Tahun 2008. Penghitungan akhir, penulis menggunakan penghitungan rumus Holsty dan dikuatkan lagi dengan rumus Scott. Dari hasil kedua penghitungan tersebut, penulis melakukan uji keterhandalan untuk menentukan apakah datadata yang diperoleh handal atau tidak. Data-data tersebut dikelompokkan menurut kategorisasi yang telah ditetapka oleh penulis. Setelah itu diprosentasekan untuk mendapatka hasil prosentase seberapa sering kategorisasi tersebut muncul dalam setahun. Kemudian penulis menganalisa hasil akhir dari data-data tersebut dengan adanya UUD Pornografi yang mana kategorisasi-kategorisasi tersebut melanggar beberapa ketentuan UUD Pornografi Nomor 44 Tahun 2008. Seringnya pornoteks dan pornogambar muncul dalam iklan di majalah FHM, maka dari itu majalah FHM sering disebut sebagai majalah porno. Gambar semi telanjang/telanjang dan kata meragsang palin serig muncul dan mendominasi iklan-iklan di majalah FHM.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 20 Oct 2011 12:56
      Last Modified: 20 Oct 2011 12:56
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1636

      Actions (login required)

      View Item