ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TABLOID BETHANY PADA BETHANY PUBLISHING HOUSE (Study kasus pada Jemaat Gereja Bethany Indonesia jalan Manyarrejo)

Ganda Rangga, Tranggono (2010) ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TABLOID BETHANY PADA BETHANY PUBLISHING HOUSE (Study kasus pada Jemaat Gereja Bethany Indonesia jalan Manyarrejo). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (102Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (979Kb)

      Abstract

      Saat ini media informasi bukan lagi menjadi monopoli dalam dunia sekuler saja seperti hiburan dan dunia bisnis saja tetapi saat ini media informasi juga mulai berkembang dan sudah berkembang di dunia religius, dalam hal ini adalah dunia media informasi gereja dan pelayanannya, hal inilah yang mendorong Gereja Bethany mengeluarkan media informasi gereja berupa tabloid BETHANY. Suatu produk yang ditawarkan ke konsumen oleh perusahaan akan bertahan di pasaran jika atribut dari produk tersebut diterima, atribut produk adalah suatu komponen yang merupakan sifat-sifat dari sebuah produk dan dikomunikasikan oleh atribut produk yang meliputi dari kualitas, fitur dan desain dari produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial variabel kualitas (X1), fitur produk (X2) dan desain produk (X3) terhadap keputusan membeli (Y). Teknik pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling adalah elemen populasi yang dipilih sebagai sampel dibatasi pada elemen-elemen yang dapat memberika informasi berdasarkan pertimbangan tersebut. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden yang merupakan jemaat Gereja Bethany jalan Manyarrejo yang pernah membeli tabloid BETHANY. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan 3 prediktor. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F, secara parsial uji t. Dari hasil yang diperoleh secara simultan variabel kualitas (X1), fitur (X2) dan desain (X3) secara signifikan berepngaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dimana dibuktikan dengan hasil F hitung lebih besar dari F tabel (F hitung 19,185 > F tabel 2,72 ) dengan persamaan regresi Y = 3,379 + 0,192 X1 + 0,462 X2 + 0,137 X3. Sedangkan berdasarkan hasil analisis secara parsial dengan uji t diketahui variabel kualitas produk (X1) (t-hitung sebesar 1,516 < t tabel sebesar 1,990), variabel fitur produk (X2) (t-hitung sebesar 4,090 > t tabel sebesar 1,990), variabel desain produk ( X3) (t-hitung sebesar 1,318 < t tabel sebesar 1,990). Secara parsial hanya variabel fitur produk (X2) saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan membeli (Y).

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 22 Feb 2011 17:41
      Last Modified: 22 Feb 2011 17:41
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/164

      Actions (login required)

      View Item