ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PILIHAN PAKET-PAKET ISI ULANG PULSA IM3 PT. INDOSAT, Tbk (Study Kasus Pada Galery Indosat di Surabaya)

Nurul, Mudjarwati (2010) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PILIHAN PAKET-PAKET ISI ULANG PULSA IM3 PT. INDOSAT, Tbk (Study Kasus Pada Galery Indosat di Surabaya). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (86Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (666Kb)

      Abstract

      Kebutuhan akan komunikasi sangatlah penting bagi masyarakat. IM3 adalah adalah salah satu produk kartu operator seluler PT.Indosat,Tbk yang menawarkan bermacam-macam bentuk komunikasi, baik dalam bentuk telephon, SMS maupun internet. IM3 juga menyediakan paket isi ulang pulsa IM3 yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan komunikasi konsumennya yang meliputi: paket isi ulang pulsa reguler, paket isi ulang pulsa SMS dan paket isi ulang pulsa internet. Penelitian ini bertujuan untuk (1)menganalisis preferensi konsumen terhadap paket-paket isi ulang pulsa IM3 berdasarkan karakteristik konsumen yang terdiri dari usia, jenis kelamin, pendidikan dan pendapatan konsumen, (2) menganalisis hubungan antara karakteristik konsumen dengan preferensi konsumen atas pilihan paket-paket isi ulang pulsa IM3. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen IM3 di Galery Indosat Surabaya dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis data penelitian ini yaitu data primer dengan koesioner sebagai alat pengumpul datanya. Teknik analisis yang digunakan yaitu tabulasi silang dan koefisien kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket isi ulang pulsa reguler merupakan paket yang paling disukai oleh konsumen IM3 di Galery Indosat Surabaya yang berusia antara 20 sampai 25 tahun, berjenis kelamin lakilaki, berpendidikan akhir SMU dan berpendapatan kurang dari Rp.500.000,- Sedangakan hasil analisis menggunakan koefisien kontingensi menunjukkan karakteristik konsumen yang terdiri dari usia, jenis kelamin, pendidikan dan pendapatan konsumen memiliki hubungan yang signifikan dengan preferensi konsumen atas pilihan paket-paket isi ulang pulsa IM3. Dari penelitian tersebut, maka didapati hubungan yang paling kuat adalah pendapatan konsumen dengan nilai hubungan sebesar 44,52%.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 22 Feb 2011 17:40
      Last Modified: 22 Feb 2011 17:40
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/167

      Actions (login required)

      View Item