HUBUNGAN ANTARA TERPAAN IKLAN HILO SCHOOL VERSI JUNGKAT JUNGKIT DI TELEVISI DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA DI SURABAYA

Nila Asri, Rahandari (2011) HUBUNGAN ANTARA TERPAAN IKLAN HILO SCHOOL VERSI JUNGKAT JUNGKIT DI TELEVISI DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Politics .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1003Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (2743Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada fenomena obesitas atau kelebihan berat badan pada anak - anak. Maka, merupakan tanggung jawab orang tua menjaga agar anak mereka tetap sehat. Pengetahuan orang tua mengenai fenomena tersebut masih kurang. Untuk itu perlu ada tindakan penyebaran informasi tentang cara pencegahan obesitas melalui media massa. Hilo School mencoba memberi pengetahuan kepada orang tua tentang cara sosialisasi melalui iklan di televisi. Iklan Hilo School membahas tentang fase penting dalam pertumbuhan anak diberikan untuk menjawab kebutuhan para ibu rumah tangga untuk memberikan penanganan yang tepat pada anak yang memilikki tinggi dan berat badan yang kurang ideal. Terpaan iklan HiLo School yang tinggi memiliki peran yang penting dalam rangka meningkatkan pengetahuan ibu rumah tangga mengenai fenomena obesitas pada anak yang disampaikan oleh iklan HiLo School, mereka diharapkan memilikki perhatian, pemahaman dan penerimaan pesan yang disampaikan oleh iklan. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Televisi sebagai Media Periklanan, Proses Komunikasi Visual Periklanan, Tujuan dan Daya Tarik Iklan di Televisi , Fungsi Iklan, Unsur � unsur Iklan, Pengaruh Iklan, Terpaan Media, Tingkat Pengetahuan, Teori Stimulus-Organism-Respon dan Hipotesis Penelitian. Metode yang digunakan adalah metode korelasional,yang termasuk dalam penelitian kuantitatif dan data diperoleh dari hasil kuesioner. Analisis statistik yang digunakan adalah chi quadrat. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik non propobality sampling dan Purposive Sampling. Dari analisis dan interpretasi data yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikansi antara terpaan iklan HiLo School versi jungkat- jungkit di Televisi dengan tingkat pengetahuan ibu rumah tangga di Surabaya. Dan tidak terdapat taraf hubungan antara dua variabel dengan menggunakan koefisien kontingensi. Hal ini menunjukkan bahwa responden kurang memperhatikan iklan HiLo School versi jungkat- jungkit di televisi dan kurang mengetahui isi pesan (informasi) yang disampaikan dalam iklan. Jadi pada penelitian ini pesan yang disampaikan pada komunikan ditolak, karena tidak adanya perhatian dari komunikan (responden) dan responden kurang mengetahui, kurang mengerti, kurang memahami dan kurang begitu menerima pesan yang disampaikan oleh iklan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 21 Oct 2011 08:56
      Last Modified: 21 Oct 2011 09:36
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1671

      Actions (login required)

      View Item