ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

Verra Dwi, Ratna Sari (2010) ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (92Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (300Kb)

      Abstract

      Kehadiran pasar modal di Indonesia semakin memberikan kesempatan luas bagi perusahaan untuk memperoleh dana dari masyarakat, hal ini akan membawa pengaruh baik bagi investor maupun bagi perusahaan sendiri.Harga dari saham atau efek lainnya berfluktuasi sesuai dengan penawaran dan permintaan terhadap efek yang bersangkutan. Harga dari saham atau efek merupakan barometer dari pandangan mereka mengenai masa depan industri dan ekonomi pada umumnya. Investor akan memperoleh tingkat pengembalian yang tinggi apabila ekspektasi dan analisisnya terhadap harga suatu saham benar, sebaliknya investor akan menderita kerugian yang tinggi pula apabila ekspektasi dan analisisnya terhadap suatu saham tidak benar. Keterbatasan informasi dan analisis yang dilakukan merupakan salah satu sebab sehingga investor menderita kerugian.Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share. Rasio keuangan ini digunakan oleh investor untuk memprediksi harga saham di masa datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham pada perusahaan Food and Beverage yang go public di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini populasi yang dijadikan obyek adalah perusahaan Food and Beverage yang go public di BEI sebanyak 17 perusahaan. obyek penelitian diambil sample sebanyak 10 perusahaan Food and Beverage yang go public di BEI. Peneliti menggunakan metode purposive sampling. Metode statistik yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Dari hasil analisis diketahui bahwa variabel Return On Asset, Return On Equity secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, sedangkan Earning Per Share berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 23 Feb 2011 11:15
      Last Modified: 23 Feb 2011 11:15
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/172

      Actions (login required)

      View Item