Analisis Keputusan Konsumen Dalam Mengkonsumsi Kopi Merk Nescafe. (Studi kasus Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Jatim)

Linda , Kristina (2010) Analisis Keputusan Konsumen Dalam Mengkonsumsi Kopi Merk Nescafe. (Studi kasus Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Jatim). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (146Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (705Kb)

      Abstract

      Analisa tentang perilaku konsumen sangat penting bagi perusahaan Dengan memahami perilaku konsumen pada pasar sasaranya, maka kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai lembaga yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan, sangat tergantung pada perilaku konsumennya, sehingga dapat menimbulkan suatu kepuasan dan dapat mendorong konsumen selalu menggunakan atau melakukan konsumsi. Dalam hal ini model perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Kebudayaan, kelas sosial, pribadi, dan psikologis. Produk kopi instan sebagaimana diketahui adalah salah satu produk minuman cepat saji yang semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena kemudahan dalam hal penyajiannya. Nescafe adalah salah satu merk kopi instan yang sangat terkenal. Pangsa pasar yang dituju nescafe cenderung pada kalangan anak muda, Demikian juga bagi kalangan mahasiswa yang sebagian besar adalah anak muda yang menjadi pangsa pasar kopi nescafe yang akan menjadi sampel dari penelitian ini. Teknik analisis menggunakan model regresi linier berganda dengan Variabel dependen adalah Keputusan konsumen (Y) serta Variabel independen adalah Faktor kebudayaan (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4). Dan untuk uji hipotesis menggunakan uji F sebagai uji simultan ( bersama – sama ) serta uji t sebagai uji parsial ( individu ) terhadap variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Faktor kebudayaan (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan konsumen dengan ketentuan Fhitung > Ftabel (9,915>2,24) atau nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Pada pengujian secara parsial diperoleh hasil, variabel Kebudayaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung > ttabel (3,331 > 2,014), variabel faktor sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung < ttabel (1,680< 2,014), variabel faktor pribadi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung > ttabel (2,396 > 2,014) dan variabel Psikologis berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung > ttabel (3,741> 2,014). Dengan nilai koefisien determinan berganda (R2) dari ke 4 variabel bebas sebesar 0,450 atau 45% dan selebihnya sebesar 55% disebabkan faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 23 Feb 2011 13:32
      Last Modified: 23 Feb 2011 13:32
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/175

      Actions (login required)

      View Item