ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM DI PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Canggih Dwi Reza, Putra (2010) ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM DI PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (105Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1075Kb)

      Abstract

      Harga saham mencerminkan nilai dari suatu perusahaan. Jika perusahaan mencapai prestasi yang baik, maka saham perusahaan tersebut akan banyak diminati oleh para investor. Prestasi baik yang dicapai perusahan dapat dilihat di dalam laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terjadinya pengaruh pada harga saham.Informasi laba perusahaan yang meliputi Net Profit Margin (NPM), Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) adalah variabel yang diduga mempengaruhi harga saham. Penarikan jumlah sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 9 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI). Analisis data di uji dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang dilakukan untuk menentukan persamaan regresi yang menunjukkan hubungan variabel terikat yang ditentukan dengan dua atau lebih variabel bebas. Uji F dilakukan untuk mengetahui apakah empat variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat. Dan yang terakhir Uji-t digunakan untuk melihat signifikansi dari pengaruh variabel bebas secara individu terhadap variabel terikat dengan menganggap variabel lain bersifat konstan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel NPM, ROI, ROE, dan EPS secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham karena Fhitung > Ftabel (29,362 > 2,61) atau nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Pada pengujian secara parsial diperoleh hasil, variabel NPM berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dengan nilai -thitung < -ttabel (-3,198 < -2,021), variabel ROI berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dengan nilai thitung > ttabel (2,984 > 2,021), variabel ROE berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dengan nilai -thitung < -ttabel (-2,311 < -2,021), dan variabel EPS berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dengan nilai thitung > ttabel (9,803 > 2,021) pada taraf signifikan 0,05.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 23 Feb 2011 13:33
      Last Modified: 23 Feb 2011 13:33
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/176

      Actions (login required)

      View Item