ANALISIS PENGELOLAHAN MODAL KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES DI BURSA EFEK INDONESIA

Duwi Sri, Utami (2010) ANALISIS PENGELOLAHAN MODAL KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, upn "veteran" jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (41Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (271Kb)

      Abstract

      Perusahaan yang berorientasi pada motif laba maka akan berupaya untuk mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin dan menekan biaya hingga menjadi se-efisien mungkin. Perusahaan yang berorientasi profit motif dalam aktivitas operasinya dituntut untuk mempertimbangkan serta memperhitungkan situasi dan kondisi perusahaan dimasa yang akan datang. Investasi modal kerja sangat penting dalam menjaga kelancaran operasi perusahaan dan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba. Modal kerja menunjukan kekayaan perusahaan yang tertanam dalam aktiva lancar yang terdiri dari kas, surat-surat berharga, piutang dan persediaan. Atas dasar pemikiran tersebut penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengelolahan modal kerja (perputaran kas,perputaran piutang, perputaran persediaan) sehingga dapat efektif dan efisien. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang akan dijadikan sampel penelitian dari tahun 2003 sampai dengan 2008.Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari Bursa Efek Indonesia serta di dalam Indonesian Capital Market Directory yang berupa laporan keuangan dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2008 yang terdiri dari laporan rugi laba dan neraca. Untuk memenuhi tujuan penelitian, hipotesis diuji dengan analisis regresi linier berganda. Dari uji regresi berganda tersebut dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh negatif perputaran kas terhadap profitabilitas. (2) perputaran piutang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. (3) Perputaran persediaan berpengaruh positif terhadap profitabilitas.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 25 Feb 2011 09:41
      Last Modified: 25 Feb 2011 09:41
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/183

      Actions (login required)

      View Item