ANALISIS PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT, KEPUASAN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk DI SURABAYA

Vian Ayu, Iswana Putri (2010) ANALISIS PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT, KEPUASAN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk DI SURABAYA. Undergraduate thesis, upn "veteran" jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (112Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (412Kb)

      Abstract

      Indonesia sebagai negara berkembang semakin giat melakukan pembangunan, baik pembangunan di sektor ekonomi maupun sektor-sektor lainnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Manusia sebagai makhluk sosial mampu bereaksi serta mampu menimbulkan pengaruh positif maupun pengaruh negatif bagi lingkungannya. Perusahaan dituntut untuk memahami bahwa kehidupan berkeluarga dan pekerjaan telah berubah dan tidak merupakan dua hal yang terpisah. Jumlah wanita bekerja dan pasangan yang bekerja telah meningkatkan hubungan ketergantungan antara pekerjaan dan keluarga dan mendorong konflik antara tuntutan pekerjaan dan keluarga yang disebut work-family conflict. Tujuan dalam penelitian ini untuk membuktikan pengaruh work-family conflict, kepuasan kerja dan lingkungan kerja terhadap disiplin kerja pada PT. Telekomunikasi Indonesia, tbk di Surabaya Penelitian ini menggunakan variabel Work family conflict (X1), Kepuasan kerja (X2), Lingkungan kerja (X3) serta variabel Disiplin kerja (Y). Cara pengukuran variabel dengan menggunakan skala semantic defferential. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan wanita PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, Surabaya dengan jumlah 760 orang. Sampel penelitian adalah karyawati yang sudah menikah dan bekerja lebih dari 1 tahun yang berjumlah 110 orang, dengan metode pengambilan sampel non probabilitas. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis pemodelan S.E.M (structural Equition Modeling) dengan menggunakan bantuan Program Komputer AMOS 4.0. Berdasarkan hasil pengujian, dapat diambil kesimpulan bahwa berdasarkan tingkat probabilitas arah hubungan kausal, hipotesis yang menyatakan bahwa work family conflict berpengaruh negatif terhadap disiplin kerja tidak dapat diterima. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa berdasarkan tingkat probabilitas arah hubungan kausal, hipotesis yang menyatakan bahwa faktor kepuasan kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap faktor disiplin kerja dapat diterima.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 24 Feb 2011 15:15
      Last Modified: 24 Feb 2011 15:15
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/200

      Actions (login required)

      View Item