PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA BAGIAN PERSONALIA DI PT MULTI BINTANG INDONESIA

Firmansyah , Wibowo (2010) PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA BAGIAN PERSONALIA DI PT MULTI BINTANG INDONESIA. Undergraduate thesis, upn "veteran" jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (61Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (286Kb)

      Abstract

      Keberhasilan di negara-negara maju banyak didorong oleh ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas daripada ketersediaan sumber daya alam yang melimpah. Seperti di Jepang yang sumber daya alamnya terbatas tetapi sumber daya manusianya potensinya tinggi, maka mampu mendongkrak kemajuan negara untuk dapat bersaing dengan negara-negara lain. Agar organisasi memiliki daya saing yang tinggi dalam skala global, maka organisasi tersebut harus mampu melakukan pekerjaan secara lebih baik, efektif dan efisien dalam menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing. Untuk menghasilkan barang dan jasa yang bersaing, pada masa mendatang bukan lagi mengandalkan keunggulan komparatif saja tetapi harus meningkatkan keunggulan kompetitif. Pengelolaan sumber daya alam akan memiliki keunggulan kompetitif jika sumber daya manusia memiliki potensi yang tinggi untuk mengelolanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui penerapan Total Quality Management berpengaruh terhadap peningkatan kualitas SDM. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Multi Bintang Indonesia Tbk Mojokerto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stratified Random Sampling yaitu sebuah sampel probabilitas yang menyesuaikan diri dengan criteria atau cirri-ciri karakteristik dari populasi, sehingga sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik analisis digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) diperoleh kesimpulan bahwa Total Quality Management berpengaruh terhadap peningkatan kualitas SDM.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 24 Feb 2011 15:14
      Last Modified: 24 Feb 2011 15:14
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/204

      Actions (login required)

      View Item