PENGARUH EVA DAN BEBERAPA RASIO-RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA

Heru , Effendy (2010) PENGARUH EVA DAN BEBERAPA RASIO-RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, upn "veteran" jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (270Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (322Kb)

      Abstract

      Para investor pasar modal perlu memiliki sejumlah informasi yang berkaitan dengan fluktuasi harga saham agar bisa mengambil keputusan tentang saham perusahaan yang layak untuk dipilih guna menginvestasikan kelebihan dananya. Perlu informasi yang relevan tentang kinerja keuangan perusahaan, manajemen perusahaan, kondisi ekonomi moneter untuk menilai secara akurat. Didalam pasar modal, investor besar dan kecil dapat membeli dan menjual saham atau efek lainnya. Harga saham atau efek berfluktuasi sesuai dengan penawaran dan permintaan terhadap efek yang bersangkutan.Harga dari saham atau efek merupakan barometer untuk menjadi pandangan mereka mengenai masa depan perusahaan dan ekonomi pada umumnya. Penilaian saham secara akurat bisa menimalkan resiko sekaligus membantu investor mendapat keuntungan yang maksimal. Para investor perlu memperhatikan sejumlah aspek yang mempengaruhi harga saham. Variasi harga saham ditentukan oleh banyak faktor. Ada dua aspek atau pendekatan yang sering digunakan, yaitu aspek fundamental dan aspek teknikal. Berdasarkan uraian diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ROA (Return On Asset), ROE (Return On Equity), EPS (Earning Per Share) dan EVA (Economic Value Added) terhadap harga saham Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 sampel perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2006 sampai tahun 2009. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik pemilihan sampel yang dilaksanakan dengan cara pengambilan subyek berdasarkan atas tujuan atau kriteria tertentu. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan teknik analisis uji regresi linier berganda. Dari hasil perhitungan diatas variabel Return on Asset secara parsial berpengaruh terhadap Harga Saham, variabel Return on Equity secara parsial tidak berpengaruh terhadap Harga Saham, variabel Earning per Share secara parsial tidak berpengaruh terhadap Harga Saham, variabel Ecconomic Value Added secara parsial tidak berpengaruh terhadap Harga Saham.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 24 Feb 2011 15:13
      Last Modified: 24 Feb 2011 15:13
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/205

      Actions (login required)

      View Item