ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN HUMOR YAMAHA JUPITER MX VERSI JEMBATAN AMBRUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI SURABAYA (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Di Rungkut Surabaya Timur

RIZA , IKHTIA SARI (2010) ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN HUMOR YAMAHA JUPITER MX VERSI JEMBATAN AMBRUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI SURABAYA (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Di Rungkut Surabaya Timur. Undergraduate thesis, upn "veteran" jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (74Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (153Kb)

      Abstract

      Perkembangan perekonomian saat ini telah tumbuh dengan pesat. Dalam bidang ekonomi, pemasaran menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam suatu usaha. Lewat strategi periklanan dalam hal ini PT. Yamaha Kencana Motor Indonesia selaku produsen produk Jupiter MX ingin mengkomunikasikan produknya melalui strategi periklanan dengan memilih artis Komeng sebagai celebrity endorser dan dengan iklan yang bertema humor untuk menarik perhatian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Humor terhadap Minat Beli Yamaha Jupiter MX. Ada dua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu : 1. Diduga celebrity endorser berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. 2. Diduga iklan humor berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yaitu Celebrity Endorser (X1), Iklan Humor (X2) dan satu variabel terikat yaitu Minat Beli (Y). Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari menyebarkan kuisioner kepada konsumen yang telah melihat tayangan iklan Yamaha Jupiter MX versi jembatan ambruk, sesuai dengan sampel semua konsumen Yamaha yang melihat tayangan iklan Yamaha Jupiter MX versi jembatan ambruk di wilayah rungkut Surabaya timur, jumlah responden sebanyak 102 orang. Teknik pengukuran variabel menggunakan skala interval, dengan memakai metode perbedaan semantic (semantic differentials scale). Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) Dari hasil uji kausalitas didapatkan hasil bahwa faktor celebrity endorser berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen, dan faktor iklan humor berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 24 Feb 2011 14:51
      Last Modified: 24 Feb 2011 14:51
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/206

      Actions (login required)

      View Item