PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERANTASAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KELURAHAN KALIJATEN KECAMATAN TAMAN SIDOARJO

Aditya Bagus , Permadhi (2010) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERANTASAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KELURAHAN KALIJATEN KECAMATAN TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2003Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (544Kb)

      Abstract

      Seiring dengan berjalannya pembangunan di daerah, maka semakin berkembang pula perindustriannya. Hal itu pada akhirnya membawa dampak negatif, yaitu tingkat kepadatan penduduk di daerah semakin tinggi. Seiring itu pula, fenomena geografis seperti semakin banyaknya daerah – daerah dengan sungai – sungai kumuh dan kondisi musim yang tidak menentu juga semakin bermunculan. Sehingga muncul fakta yang mengatakan bahwa di Indonesia setiap Tahun selalu terdapat penderita Demam Berdarah dalam jumlah yang banyak, terutama di saat musim penghujan. Seperti yang telah terjadi di Kabupaten Sidoarjo, termasuk di Kecamatan Taman yang memiliki penduduk terbanyak serta perekembangan industrinya cukup pesat sehingga menjadikan daerah ini sebagai daerah semi urban dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi. Menurut Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Sidoarjo Ika Harnasti, munculnya penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga dan merawat kebersihan lingkungannya. Sementara dalam Keputusan Menteri Kesehatan No.581 Tahun 1992 tentang Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menyebutkan bahwa tujuan diadakannya Program Pemberantasan Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat supaya bersedia berpartisipasi dalam menjaga dan merawat kebersihan lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi masyarakat dalam Pelaksanaan Program Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan fokus tentang pasrtisipasi masyarakat antara lain partisipasi tenaga, partisipasi pendapat, dan partisipasi berdasarkan kesadaran. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil analisa penelitian menunjukkan, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Program Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Taman Sidoarjo berjalan dengan cukup baik, karena diantara 3 jenis partisipasi, 2 diantaranya yaitu partisipasi pendapat dan partisipasi berdasarkan kesadaran telah dilaksanakan sebagai dukungan dalam pelaksanaan program.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Fatchullah Z.A
      Date Deposited: 24 Feb 2011 11:43
      Last Modified: 24 Feb 2011 11:43
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/207

      Actions (login required)

      View Item