PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KESETIAAN MEREK (Studi Kasus Restoran Gudeg Putri Bu Har Surabaya)

Dimas , Prakoso (2010) PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KESETIAAN MEREK (Studi Kasus Restoran Gudeg Putri Bu Har Surabaya). Undergraduate thesis, upn "veteran" jatim.

[img]
Preview
PDF
Download (122Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (441Kb)

      Abstract

      Dalam masyarakat modern yang ditandai dengan aktivitas kerja yang tinggi serta adanya kesempatan yang sama untuk dapat bekerja bagi setiap orang yang mempunyai kompetensi tanpa diskriminasi. Aktivitas tersebut berdampak pada semakin banyak wanita pekerja atau karir yang menghabiskan waktu di luar rumah, sehingga kesulitan dalam menjalankan aktivitas sebagai ibu rumah tangga termasuk menyediakan makanan bagi keluarga.. Surabaya sebagai kota metropolis memiliki fasilitas untuk kondisi seperti yang disebutkan di atas. Bisnis makanan di Surabaya masih memberikan peluang bagi perusahaan restoran. Permasalahan yang dihadapi restoran Gudeg Putri Bu Har adalah adanya ketidakstabilan penjualan bahkan mengalami penurunan penjualan yang sangat drastis. Ketidakstabilan ini diindikasikan oleh menurunnya tingkat kepuasan konsumen yang berpengaruh kepada tingkat kesetiaan pelanggan restoran Gudeg Putri Bu Har di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap kesetiaan merek di restoran Gudeg Putri Bu Har. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan yang pernah melakukan pembelian produk di restoran Gudeg Putri Bu Har yang ditemui peneliti pada saat dilakukan pengambilan sampel. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala interval dengan teknik non probability sampling. Pengambilan sampel didasari oleh asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5-10 kali parameter yang diestimasi (Augusty 2002 : 98), pada penelitian ini ada 12 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu antara 60-120. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar 120 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM, yang akan mempermudah untuk melihat pengaruh kepuasan konsumen terhadap kesetiaan merek yang akan diuji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen tidak berpengaruh / tidak signifikan [positif] terhadap kesetiaan merek di restoran Gudeg Putri Bu Har di Surabaya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 24 Feb 2011 14:51
      Last Modified: 24 Feb 2011 14:51
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/208

      Actions (login required)

      View Item