ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN KEYAKINAN KONSUMEN PADA MINAT BELI PRODUK OBAT FLU MIXAGRIP DI SURABAYA

Eka Sri , Rahayuz Lifa (2010) ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN KEYAKINAN KONSUMEN PADA MINAT BELI PRODUK OBAT FLU MIXAGRIP DI SURABAYA. Undergraduate thesis, upn "veteran" jatim.

[img]
Preview
PDF
Download (57Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (443Kb)

      Abstract

      Sejalan dengan perkembangan dunia industri, perusahaan saling Salip menyalip untuk mempromosikan produknya melalui media iklan salah satunya pada pasar obat flu. Melalui media iklan tersebut perusahaan menginginkan produknya menjadi merek top (Top Brand), tetapi kenyataanya berbeda dengan yang diinginkan. Seperti yang ditunjukkan dengan data Top Brand pertumbuhan rata-rata mixagrip pada tahun 2007 – 2009 menunjukkan tren penurunan peringkat. Pada tahun 2007 mixagrip menduduki peringkat ke – 2, pada tahun 2008 menduduki peringkat ke – 1, dan pada tahun 2009 mixagrip turun menduduki peringkat ke-2. Penurunan Top Brand mengindikasikan jika produk yang bersangkutan kurang diingat oleh konsumen dan akan mempengaruhi minat beli terhadap produk tersebut. Bila merek yang bersangkutan paling diingat konsumen, maka konsumen akan memilih dan mengkonsumsinya di masa mendatang (Loyal). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Iklan “Obat Flu Mixagrip” terhadap Minat Beli. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada orang yang pernah melihat dan mendengar iklan Obat Flu Mixagrip. Jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar 110 responden. Dalam penelian ini tidak diketahui besarnya populasi, maka menggunakan Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan faktor spontanitas, artinya siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu/kebetulan ditemui oleh peneliti. Teknik yang digunakan adalah SEM. Hasil pengujian menunjukkan menunjukkan bahwa pengaruh variabel yang terkait dalam Iklan terhadap Niat Beli. Faktor Iklan berpengaruh positif terhadap Sikap Konsumen, tidak dapat diterima [sinifikan positif]. Faktor Iklan berpengaruh positif terhadap Keyakinan Konsumen, dapat diterima [signifikan positif]. Faktor Sikap Konsumen berpengaruh positif terhadap Niat Beli, dapat diterima [signifikan positif]. Faktor Keyakinan Konsumen berpengaruh negatif terhadap Niat Beli, tidak dapat diterima [signifikan negatif].

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 24 Feb 2011 14:32
      Last Modified: 24 Feb 2011 14:32
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/214

      Actions (login required)

      View Item