ANALISIS STRATEGI REBRANDING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DAN PROFITABILITAS DI Mc. DONALD’S MAYJEN SUNGKONO SURABAYA

Adhisty , Saccharina (2011) ANALISIS STRATEGI REBRANDING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DAN PROFITABILITAS DI Mc. DONALD’S MAYJEN SUNGKONO SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (208Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - V)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1552Kb)
      [img]
      Preview
      PDF (Daftar pustaka)
      Download (94Kb) | Preview

        Abstract

        Makanan cepat saji adalah konsep rumah makan yang diperkenalkan pertama kali di Amerika untuk mengakomodasi kebutuhan makan pagi pekerja yang sibuk, rumah makan ini biasanya telah menyiapkan makanan jauh sebelum pelanggan datang. Berangkat dari konsep yang sama, dua bersaudara Richard & Maurice Mc. Donald’s yang semula hanya mengembangkan rumah makan Drive In hingga akhirnya produk-produk ciptaanya mendunia setelah mengusung konsep franchise sebagai strategi pemasaran. Franchise mengantar Mc Donald’s bersaudara menjadi market leader tanpa harus memikirkan bagaimana rumah makan cabang di belahan dunia yang lain menjalankan proses bisnisnya karena semua harus tetap mengacu pada franchisee, mulai dari desain ruangan, pencitraan bahkan memilih bahan hingga akhirnya produk berada di tangan pelanggan. Selama puluhan tahun Mc Donald’s menjadi anak emas, pada tahun 2005 muncul issue kesehatan yang memposisikan rumah makan cepat saji ini menjadi sasaran tembak yang sempurna oleh para orang tua yang merasa kesehatan anak-anaknya baik secara fisik maupun pola gaya hidup. Mereka memberikan infasi bergaya provokatif yang seolah manis karena terbalut tema anak-anak yang meriah. Issue itu membawa Mc Donald’s harus melakukan strategi pencitraan kembali yang dikenal dengan strategi rebranding untuk menggeser target pasar. Strategi tersebut akhirnya harus menjadi pil yang sama yang harus ditelan Mc Donald’s Mayjen Sungkono sebagai franchiser yang menjadi lokasi penelitian. Penelitian ini akan bertujuan untuk pembuktian instrumen-instrumen yang ada iii telah memberikan perubahan citra untuk menyelamatkan Mcdonald’s dengan adanya kepuasan pelanggan dan peningkatan profitabilitas. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari Mc Donald’s Mayjen Sungkono yaitu hasil wawancara, kuesioner karyawan dan pelanggan, dan rasio profitabiltas dari data pilihan yang telah diberikan oleh pihak manajemen Mc Donald’s Mayjen Sungkono. Data kedua adalah data sekunder yaitu merupakan studi kepustakaan, dokumentasi, dan literature- literature yang berkaitan dengan permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan Mc Donald’s Mayjen Sungkono dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan perubahan profitabilitas yang dicapai oleh penerapan strategi rebranding, namun masih ditemukan fakta bahwa Mc Donald’s belum fokus pada satu target pasar tertentu. Ketidakfokusan target pasar ini tidak terbahas karena pembatasan masalah yang diambil oleh peneliti. Kata Kunci : Drive In, Franchise, Franchisee, Rebranding, Profitabilitas

        Item Type: Thesis (Undergraduate)
        Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5657.4 Managerial accounting
        Divisions: Faculty of Economics > Accounting
        Depositing User: Users 2 not found.
        Date Deposited: 10 Nov 2011 14:34
        Last Modified: 10 Nov 2011 14:36
        URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2177

        Actions (login required)

        View Item