ANALISIS STRATEGI KEMITRAAN UNTUK PENGEMBANGAN PASAR DOMESTIK PUPUK PETROGANIK

EKO , SETIJONO (2007) ANALISIS STRATEGI KEMITRAAN UNTUK PENGEMBANGAN PASAR DOMESTIK PUPUK PETROGANIK. Masters thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab1)
Download (325Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab2 - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (576Kb)

      Abstract

      RINGKASAN Setiap satuan bisnis perlu mengidentifikasi dan menilai berbagai pilihan strategi yang tersedia. Penelitian ini bertujuan menganalisis Strategi Kemitraan untuk Pengembangan Pasar Domestik Pupuk Petroganik yang saat ini dilakukan oleh PT Petrokimia Gresik. Penelitian ini berusaha mengidentifikasi variabel-variabel dari lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang menjadi kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (Threat). Penelitian ini bersifat exploratory (penyelidikan) dan dianalisa menggunakan analisis deskriptif yang terdiri atas Matriks TOWS dan Matriks Internal – Eksternal. Pengumpulan data primer melalui kusioner kepada para manajer dan staf yang terkait langsung dengan pengembangan pupuk Petroganik serta para pemilik / investor pabrik Petroganik di daerah yang sudah beroperasi secara komersial. Pengambilan sampel dengan simpel random sampling sebanyak 25 responden. Hasil analisis disimpulkan sebagai berikut : 1. Faktor internal dan eksternal; meliputi kekuatan adalah : citra produk dan perusahaan, jaringan distribusi yang luas, pabrik dekat bahan baku dan pasar, kualitas produk, bahan baku melimpah dan murah, dukungan dari Pemerintah Kabupaten setempat, dan keunikan produk.; kelemahan meliputi : teknologi mudah ditiru, perlu energi dalam jumlah besar, pengawasan mutu kurang, kegiatan promosi kurang, ketrampilan manajerial beda, respon tanaman tidak segera nampak, dan motivasi kerja yang bervariasi; peluang meliputi : produk ramah lingkungan, potensi pasar cukup besar, kemitraan sebagai bentuk sinergis, membantu pengembangan UKM, akses pasar lebih mudah, risiko kegagalan relatif kecil, dan harga jual lebih kompetitif; sedangkan ancamannya meliputi : persepsi negatif terhadap kinerja investor, banyak produk substitusi, pupuk anorganik disubsidi, berkurangnya minat calon investor, ketidakpercayaan konsumen terhadap mutu produk, kekawatiran UKM terhadap pengembangan pupuk organik, dan isue bahan baku sumber flu burung. 2. Persepsi para investor terhadap program kemitraan yang dilakukan oleh PT Petrokimia Gresik saat ini sangat positif. 3. Strategi alternatif yang dapat dilaksanakan untuk Pengembangan pasar domestik pupuk Petroganik melalui model kemitraan adalah Strategi agresif / Strategi SO (Strategi Strength Opportunities), yaitu strategi memanfaatkan kekuatan yang dimilliki perusahaan untuk menangkap peluang yang ada, melalui : market penetration, market development, product development, forward integration, backward integration, dan horizontal integration. Dalam penelitian ini posisi strategi yang diambil berada pada kuadran 1 merupakan situasi yang sangat menguntungkan, namun disarankan untuk mengurangi beberapa kelemahan yang dominan seperti besarnya jumlah energi yang dibutuhkan, teknologi mudah ditiru, pengawasan mutu yang masih kurang, dan kurangnya kegiatan promosi.

      Item Type: Thesis (Masters)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
      Divisions: Post Graduate > Master of Management
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 15 Nov 2011 09:44
      Last Modified: 15 Nov 2011 09:45
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2196

      Actions (login required)

      View Item