KAJIAN EMPIRIS MANAJEMEN LABA DENGAN MOTIVASI PERPAJAKAN DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK)

WIBISONO, . (2009) KAJIAN EMPIRIS MANAJEMEN LABA DENGAN MOTIVASI PERPAJAKAN DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK). Masters thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab1)
Download (383Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab2 - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (599Kb)
      [img] Video (Flash) (Bab 2- Daftar pustaka)
      Download (7Mb)

        Abstract

        WIBISONO, NPM 0762020026, Program Pascasarjana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, 15 Desember 2008. Kajian Empiris Manajemen Laba Dengan Motivasi Perpajakan Di Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek), Pembimbing Utama : Prof. Dr. Soeparlan Pranoto, SE., MM., Ak., Pembimbing Pendamping : Dra. Ec. Diah Hari Suryaningrum, M.Si., Ak. Penelitian ini mempunyai dua tujuan pokok dan satu tujuan tambahan. Tujuan pertama adalah untuk menguji secara empirik motivasi perpajakan terhadap manajemen laba yang dilakukan oleh perusahaan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan kedua adalah untuk menguji motivasi perpajakan dan manajemen laba terhadap reaksi pasar yang diukur dengan return saham. Tujuan tambahan adalah untuk menguji perbedaan antara perusahaan yang melakukan manajemen laba dengan perusahaan yang tidak melakukan manajemen laba. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan pemanufakturan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk tahun pembukuan 2003 – 2007. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 perusahaan atas laporan tahunan perusahaan. Alat analisis menggunakan regresi logistik dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi perpajakan berpengaruh mendorong manajemen laba bagi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sementara hasil atas motivasi perpajakan dan manajemen laba tidak direspon oleh pasar yang di ukur dengan return saham. Hasil uji tambahan perbedaan motivasi perpajakan untuk perusahaan yang melakukan manajemen laba dengan perusahaan yang tidak melakukan menajamen laba menunjukkan tidak terdapat perbedaan. Kata Kunci : Motivasi Perpajakan, Manajemen Laba, Return Saham, Leverage, Size, ROI.

        Item Type: Thesis (Masters)
        Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2240 Revenue. Taxation. Internal revenue
        Divisions: Post Graduate > Master of Accounting
        Depositing User: Users 6 not found.
        Date Deposited: 15 Nov 2011 10:06
        Last Modified: 27 Dec 2011 09:15
        URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2199

        Actions (login required)

        View Item