PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK KARTU AXIS DI SURABAYA

ZEIN , NUR SYAMSI (2011) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK KARTU AXIS DI SURABAYA. Undergraduate thesis, faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab1)
Download (1074Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab2 - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (3278Kb)

      Abstract

      Penelitian ini dilakukan pada suatu merek produk Kartu GSM Axis, salah satu produk kebutuhan dalam telekomunikasi. Fenomena yang terjadi pada saat ini adalah jumlah pelanggan kartu seluler Axis dari tahun 2008 hingga tahun 2009 mengalami kenaikan yaitu sebesar 3 juta sampai dengan 7,5 juta pelanggan sedangkan ditahun 2010 jumlah pelanggan Axis mengalami penurunan sebesar 6 juta pelanggan. Hal ini juga didukung dengan data bahwa TBI tahun 2008 sampai tahun 2009 adalah sebesar 0,5% menjadi 1,1% (atau naik 0,6%), disisi lain di tahun yang sama BV Axis mengalami penurunan dari 24,4% menjadi 17,3% (atau turun sebesar 6,1%), permasalahan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kenaikan TBI yang hanya 0,6%, tetapi di sisi lain BVmengalami penurunan sebesar 6,1%, atau dengan kata lain penurunan BV jauh lebih besar dibandingkan kenaikan TBI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser terhadap brand image kartu Axis Di Surabaya Data yang digunakan adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu seluruh konsumen yang membeli dan pernah melihat iklan produk Kartu Axis. Skala pengukuran yang digunakan adalah semantic differential scale dengan teknik pengukuran dengan jenjang 1-5. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu penarikan sampel berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh sampel, yaitu konsumen pernah melihat iklan produk Kartu Axis di televisi atau papan reklame dan berusia minimal 17 tahun. Pengambilan sampel didasari asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 – 10 kali parameter yang diestimasi. Pada penelitian ini ada 17 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu antara 85-170. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar (17 x 7) = 119 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM untuk melihat pengaruh celebrity endorser terhadap brand image. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif terhadap brand image produk Kartu Axis Di Surabaya. Kata Kunci: Celebrity Endorser Dan Brand Image

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
      H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
      H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 15 Nov 2011 16:48
      Last Modified: 15 Nov 2011 16:49
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2227

      Actions (login required)

      View Item