PENGARUH PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Hafizh , Yunanto (2010) PENGARUH PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, upn "veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (120Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (321Kb)

      Abstract

      Perkembangan terbaru telah membuktikan bahwa manajemen tidak cukup hanya memastikan apabila proses pengelolaan manajemen berjalan dengan baik dan efisien. Good Corporate Governance (GCG) diperlukan untuk memastikan bahwa manajemen berjalan dengan baik. Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) di Indonesia mulai dikenal saat krisis ekonomi pada tahun 1997- 1999. Pemerintah Indonesia dan international monetary fund (IMF) memperkenalkan konsep Good Corporate Governance (GCG) sebagai tata cara kelola perusahaan yang sehat melalui Letter of intent (LOI), yang berisi jadwal perbaikan pengelolaan perusahaan – perusahaan di Indonesia. Di Indonesia, mekanisme pengawasan dewan komisaris (board of director) serta komite audit (audit committee) suatu perusahaan yang tidak berfungsi dengan efektif dalam melindungi kepentingan pemegang saham dan pengelolaan perusahaan yang belum professional. Penerapan konsep good corporate governance (GCG) di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan pemegang saham tanpa mengabaikan kepentingan stake holders. Untuk itu peneliti bertujuan menguji pengaruh corporate governance yang diukur dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan komite audit terhadap tindakan manajemen laba yang dihitung dengan menggunakan discretionary accrual model Jones. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan yang telah go public di. BEI pada tahun 2006 – 2008.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dengan metode tersebut diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 perusahaan perbankan. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, hasil dari penelitian ini bahwa variabel independen terbukti tidak berpengaruh untuk mengurangi tindakan manajemen laba.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 25 Feb 2011 09:38
      Last Modified: 25 Feb 2011 09:38
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/224

      Actions (login required)

      View Item