Pengaruh Komitmen Terhadap Kepuasan Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Bank Jatim Surabaya ( Studi Kasus Pada Bank Jatim Cabang Dr.Soetomo Surabaya )

Karina Sekar, Ayu Wulandari (2010) Pengaruh Komitmen Terhadap Kepuasan Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Bank Jatim Surabaya ( Studi Kasus Pada Bank Jatim Cabang Dr.Soetomo Surabaya ). Undergraduate thesis, upn "veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (93Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (217Kb)

      Abstract

      Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang bergerak dibidang jasa keuangan .Bank sebagai lembaga jasa keuangan yang mempunyai fungsi sebagai perantara keuangan yang memobilisasi dana dari masyarakat dan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat dalam bentuk kredit untuk membiayai usaha atau kebutuhan konsumtif.Lembaga perbankkan harus memperhatikan kelangsungan hidup bank dengan menjaga atau menimbulkan kepercayaan masyarakat pada sebuah bank agar nasabah yang ada tidak berpindah kepada bank lain.Ruang lingkup penelitian ini adalah Bank jatim Cabang Dr. Soetomo Surabaya.Keberhasilan Bank Jatim Cabang Dr.soetomo dalam peningkatan nasabah tidak lepas dari beberapa tingkat komplain yang menjadi masalah dan membutuhkan perhatian serius. Beberapa masalah tersebut diantaranya adalah belum mampunya memberikan pelayanan yang terbaik atau memberikan kepuasan kepada nasabah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara komitmen terhadap kepuasan dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada PT. Bank Jatim cabang DR. Soetomo. Skala pengukuran variabel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan semantic Defferential scale dan teknik pembobotannya menggunakan interval yaitu memberikan skor pada jawaban yang dipilih responden ( Sugiono,2003:16). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo Surabaya yang masih aktif melakukan transaksi dan sampel yang digunakan adalah nasabah penabung atau yang memiliki fasilitas lain yang berusia 18 tahun dan melakukan transaksi di Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo Surabaya . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM ( Structural Equation Modeling ). Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa komitmen berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo terbukti kebenarannya , begitupun dengan kepuasan mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo Surabaya terbukti kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 25 Feb 2011 09:38
      Last Modified: 25 Feb 2011 09:38
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/225

      Actions (login required)

      View Item