IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PT. GRAHA CENDANA ABADI MITRA SURABAYA

Septriana , Alatifu Leksana (2011) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PT. GRAHA CENDANA ABADI MITRA SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Social Sciences and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab1)
Download (1047Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab2 - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (4Mb)

      Abstract

      Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah iklim komunikasi organisasi di PT. Graha Cendana Abadi Mitra Surabaya. Iklim komunikasi organisasi merupakan persepsi-persepsi mengenai pesan dan peristiwa yang berhubungan dengan pesan yang terjadi dalam organisasi. Berdasarkan survey pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti dengan karyawan dari bagian produksi dapat diketahui ada beberapa pegawai mengeluhkan pekerjaan secara informal: sikap mandor yang meremehkan pendapat dari karyawan, seperti mengenai usulan desain tas baru dari karyawan: dan kekurangtelitian mandor dalam membaca surat order yang diberikan oleh divisi produksi mengenai perlengkapan koper atau asesoris koper sehingga sering terjadi gagal produk: dan hubungan yang kurang harmonis antara divisi EVA dan divisi jahit sehingga kalau terjadi kesalahan tidak ada yang mau disalahkan. Dalam pelaksanaan operasionalnya seringkali ditemukan beberapa masalah yang mengganggu hubungan komunikasi di perusahaan. Masalah tersebut di antaranya kurangnya pendekatan pimpinan terhadap karyawan di kantor. Dalam penelitian ini iklim komunikasi di PT. Graha Cendana Abadi Mitra Surabaya dijabarkan menjadi 6 variabel berdasarkan Pave (2000:154) yaitu kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas, dan perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi. Adapun data diolah berdasarkan data primer hasil penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 115 orang karyawan PT. Graha Cendana Abadi Mitra Surabaya. Dari data tersebut kemudian dilakukan analisis deskriptif untuk mengetahui respon para karyawan terhadap iklim komunikasi organisasi. Iklim komunikasi organisasi di PT. Graha Cendana Abadi Mitra Surabaya dapat dijabarkan menjadi 6 variabel, yang masing-masing variabel dijabarkan lagi menjadi beberapa indikator. Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa variabel Kepercayaan mempunyai kategori sedang, variabel Keputusan Bersama pada kategori tinggi, variabel Kejujuran pada kategori tinggi, variabel Keterbukaan Dalam Komunikasi Ke Bawah pada kategori sedang, variabel Mendengarkan Dalam Komunikasi Ke Atas pada kategori tinggi, dan variabel Perhatian Pada Tujuan-Tujuan Berkinerja Tinggi pada kategori sedang. Dapat dilihat pada analisis indikator penelitian bahwa iklim komunikasi di PT. Graha Cendana Abadi Mitra Surabaya kurang baik. Dapat dilihat pada analisis indikator penelitian bahwa : masih adanya kesenjangan antara atasan dan bawahan, bawahan tidak mau mengungkapkan permasalahan yang dihadapinya kepada atasan mereka, serta karyawan juga belum sepenuhnya memberikan kualitas kerja sesuai dengan tujuan perusahaan karena masih adanya batasan-batasan untuk berimprovisasi sehingga perkembangan perusahaan juga akan terhambat. Saran yang diberikan untuk pihak manajemen sebagai atasan dari karyawan hendaknya dapat meningkatkan komunikasi baik dalam hal pekerjaan maupun diluar pekerjaan, dengan demikian akan dapat terjalin hubungan yang baik dan harmonis antara pihak manajemen dengan karyawan Kesimpulannya adalah berdasarkan hasil analisis mengenai iklim komunikasi organisasi yang dilihat dari pola perilaku komunikasi yang meliputi dialogis, interaksional dan kolektif diperoleh hasil bahwa masih banyak kekurangan dalam berkomunikasi antara atasan dan bawahan, karena dengan adanya keampuhan dalam mengubah sikap, kepercayaan, opini, dan perilaku komunikasi itulah, maka bentuk komunikasi antarpribadi seringkali dipergunakan untuk melancarkan komunikasi persuasif yaitu suatu teknik komunikasi secara psikologis manusiawi yang sifatnya halus, luwes berupa ajakan, bujukan atau rayuan. Kata Kunci : iklim komunikasi organisasi, PT. Graha Cendana Abadi Mitra

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD58.7 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media > P94.7 Interpersonal communication
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media > P95 Oral communication. Speech
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 17 Nov 2011 15:12
      Last Modified: 17 Nov 2011 15:13
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2295

      Actions (login required)

      View Item