PERBANDINGAN KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI RUAS JALAN GUNUNG SARI (STA 2+100 – STA 2+820) KOTA SURABAYA DENGAN MODEL UNDERWOOD DAN MODEL GREENSHIELD

GANDA , APRILIANSYAH (2011) PERBANDINGAN KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI RUAS JALAN GUNUNG SARI (STA 2+100 – STA 2+820) KOTA SURABAYA DENGAN MODEL UNDERWOOD DAN MODEL GREENSHIELD. Undergraduate thesis, Faculty of Civil Engineering and Planning.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab1)
Download (977Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab2 - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (8Mb)

      Abstract

      Karakteristik arus lalu lintas dapat dianalisa dengan cara mempresentasikan korelasi matematis antara kecepatan, kepadatan, dan arus lalu lintas yang terjadi pada ruas Jalan Gunung Sari yang terletak di kawasan Surabaya Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa karakteristik arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut, yang didasari oleh pengamatan dimana ruas Jalan Gunung Sari sering terjadi peningkatan arus kendaraan pada jam-jam tertentu, terutama pada jam sibuk, karena di jam-jam tersebut banyak orang yang berangkat dan pulang beraktivitas, seperti, ke kantor, sekolah dan sebagainya. Karena alasan tersebut, maka dilakukan survei pada ruas Jalan Gunung Sari, penelitian kali ini menggunakan permodelan, yaitu Model Underwood dan Model Greenshield. Pemilihan kedua permodelan tersebut bertujuan untuk menganalisa hubungan matematis antara kecepatan-kepadatan, arus-kepadatan, serta kecepatan-arus, sehingga dapat diperoleh nilai kecepatan arus bebas, kepadatan optimal, dan volume yang optimal di Jalan Gunung Sari. Dari hasil analisa menggunakan dua perbandingan antara Model Underwood dan Model Greenshield dengan perhitungan standart deviasi. Model yang paling baik diantara kedua model adalah model underwood, dengan hasil analisa sebagai berikut : arah Mastrip menuju Gunung Sari nilai Sff = 57.03 km/jam, SM = 17.63 km/jam, DM = 89.013 smp/km, VM = 1569.08 smp/jam, dengan nilai standart deviasi (S-D) = 3.51, (V-D) = 46.8, dan (V-S) = 192.63. Sedangkan arah Gunung Sari menuju Mastrip nilai Sff = 64.4 km/jam, SM = 22.52 km/jam, DM = 86.85 smp/km, VM = 1955.6 smp/jam, dengan nilai standart deviasi (S-D) = 3.19, (V-D) = 43.21, dan (V-S) = 141.6. Kata Kunci : kecepatan kendaraan, kepadatan lalu lintas, arus lalu lintas, Model Underwood dan Model Greenshield

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE331 Traffic Engineering. Road and Highways. Streets
      T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 17 Nov 2011 17:47
      Last Modified: 17 Nov 2011 17:48
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2312

      Actions (login required)

      View Item