EVALUASI KURIKULUM AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK UNTUK PROGRAM MAGISTER DI INDONESIA

Indrawati , Yuhertiana (2010) EVALUASI KURIKULUM AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK UNTUK PROGRAM MAGISTER DI INDONESIA. Project Report. LPPM UPN "Veteran" Jatim, Surabaya.

[img]
Preview
PDF
Download (154Kb) | Preview

    Abstract

    Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban tentang perkembangan akuntansi sektor publik di Indonesia, sekaligus memahami kompetensi apa yang dibutuhkan oleh profesi akuntan yang dibutuhkan pemerintahan dengan karakteristik sistem pemerintahan di Indonesia dan mampu memberi masukan tentang struktur kurikulum yang tepat sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM pemerintahan di sektor akuntansi dan keuangan. Responden penelitian ini terdiri dari mahasiswa, penvguna yaitu birokrat serta pakar, dosen akuntansi sektor publik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perkembangan ilmu akuntansi sektor publik khususnya akuntansi pemerintahan terutama disebabkan oleh kebijakan pemerintah untuk melakukan reformasi manajemen keuangan pemerintahan dengan tonggaknya PP 24 tahun 2005 dengan ditetapkannya Standar Akuntansi Pemerintahan. Perguruan Tinggi perlu menetapkan kompetensi lulusan dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna. Namun juga perlu dipertimbangkan standar kompetensi internasional karena dengan diberlakukannya IPSAS maka diharapkan lulusan akuntansi sektor publik memenuhi standar kebutuhan internasional. Walau perlu dipertimbangkan bahwa masing-masing negara memiliki lokal konten yang berbeda sesuai dengan sistem pemerintahan maupun politik yang mengaturnya.

    Item Type: Monograph (Project Report)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing
    Divisions: Post Graduate > Master of Accounting
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 02 Feb 2012 14:29
    Last Modified: 06 Feb 2012 09:31
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2394

    Actions (login required)

    View Item