ANALISIS PENGARUH EVA, ROA, DAN EPS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG LISTED DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2005-2008

Nunik, Setyarini (2010) ANALISIS PENGARUH EVA, ROA, DAN EPS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG LISTED DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2005-2008. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (86Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (469Kb)

      Abstract

      Banyak sekali informasi yang dapat diperoleh dari pasar modal oleh para pemodal (investor), baik informasi yang tersedia di publik maupun informasi pribadi yang dicerminkan melalui laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan pada dasarnya adalah hasil dari proses akuntansi yang digunakan untuk alat berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan. Analisis rasio keuangan digunakan oleh investor sebagai alat pengukur konvensional. Angka rasio bisa digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan. Berdasarkan signaling theory, semakin tingginya nilai EVA, ROA, dan EPS akan memberikan sinyal kepada investor bahwa kinerja perusahaan semakin efektif, sehingga meningkatkan daya tarik perusahaan dan diminati oleh investor, dan return saham akan semakin naik. Namun sebaliknya, semakin rendahnya nilai EVA, ROA, dan EPS suatu perusahaan akan memberikan sinyal kepada investor bahwa kinerja perusahaan buruk, sehingga mengurangi daya tarik perusahaan dan minat investor, akibatnya return saham akan turun. Variabel penelitian adalah EVA (X1), ROA (X2), dan EPS (X3), dan Return Saham (Y). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : bahwa EVA, ROA, dan EPS berpengaruh terhadap return saham pada perusahaan Otomotif yang listed di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2008. Sampel penelitian ini adalah perusahaan Otomotif yang listed di BEI sebanyak 6 perusahaan dengan periode pengamatan tahun 2005-2008. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Regresi Linear Berganda. Hasil uji F menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel EVA (X1), ROA (X2), dan EPS (X3) terhadap Return saham (Y) adalah tidak signifikan, sehingga hipotesis yang diajukan tidak terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil uji t didapatkan bahwa variabel EVA (X1), ROA (X2), dan EPS (X3) juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Return saham pada perusahaan Otomotif yang listed di BEI. Asumsi peneliti jika hasil uji F tidak signifikan, maka hasil uji t pasti tidak signifikan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 25 Feb 2011 13:53
      Last Modified: 25 Feb 2011 13:53
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/244

      Actions (login required)

      View Item