PENGARUH LABA USAHA DAN NILAI JAMINAN KREDIT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT INVESTASI di PT.BANK RAKYAT INDONESIA(PERSERO)Tbk. KANTOR CABANG SIDOARJO

Moch. Adam, Sudharta (2010) PENGARUH LABA USAHA DAN NILAI JAMINAN KREDIT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT INVESTASI di PT.BANK RAKYAT INDONESIA(PERSERO)Tbk. KANTOR CABANG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (145Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (206Kb)

      Abstract

      Perkembangan dunia usaha di Indonesia semakin merebak dengan berbagai ragam serta jenisnya. Sejalan dengan kebijakan pemerintah Perbankan sejak awal dilaksanakannya pembangunan nasional turut serta memberikan sumbangan yang cukup berarti khususnya dalam membantu pengembangan sektor usaha kecil terutama melalui penyaluran berbagai jenis bantuan perkreditan. Kebijakan perkreditan ini ditujukanuntuk menjamin tersedianya dana bagi pembiayaan usaha kecil. Dari pengalaman, pelaksanaan kebijaksanaan kredit tersebut selama ini telah memberikan sumbangan yang cukup berarti dalam penyerapan tenaga kerja, peningkatan produksi dan pendapatan bagi sektor tersebut. Namun dalam melakukan pemberian kredit dilakukan berbagai pertimbangan menyangkut beberapa unsur yang mempengaruhi kredit diantaranya Laba Usaha debitur serta Nilai Jaminan Kredit debitur. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah Laba Usaha dan Nilai Jaminan Kredit berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pemberian Kredit Investasi. Penelitian ini dilakukan di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi linier berganda dilanjutkan dengan pengujian hipotesis, dimana data yang digunakan adalah data realisasi pengajuan kredit jenis investasi periode tahun 2008 - 2009 yang diperoleh dari Manajemen Pemasaran BRI Cabang Sidoarjo. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah secara simultan Laba Usaha dan Nilai Jaminan Kredit hanya memberikan pengaruh sebesar 61,6% terhadap Keputusan pemberian Kredit pada BRI Kantor Cabang Sidoarjo yang ditunjukkan dengan nilai R2 sebesar 0,616. sedangkan secara parsial Laba Usaha tidak berpengaruh signifikan namun Nilai Jaminan Kredit memberikan kontribusi dalam keputusan pemberian kredit investasi. Maka hipotesis dalam penilitian ini tidak terbukti kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 25 Feb 2011 13:53
      Last Modified: 25 Feb 2011 13:53
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/250

      Actions (login required)

      View Item